Lawatan Ke Tanah Sunda, Ganjar Sebut Banyak Menyerap Pelajaran dan Filosofi Dari Kebudayaan Sunda

  


Calon Presiden dari PDIP Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke tanah Sunda. Adapun tujuan lawatan Ganjar itu untuk menghadiri acara Silaturahmi Budaya Tokoh dan Inohong Sunda di Saung Angklung Udjo, Kecamatan Cibeunying, Kota Bandung, Jawa Barat.

Ganjar mengatakan, kunjungannya ke Tanah Sunda itu mendapatkan banyak pelajaran dan filosofi dari kebudayaan Sunda, terutama angklung yang sampai saat ini masih menjadi alat musik tradisional Sunda dan salah satu juga kebanggaan negeri kita.

"Hari ini saya mendapatkan kuliah singkat tentang kesundaan, apa seninya, bagaimana budayanya, bagaimana filosofinya, bagaimana sejarahnya," kata Ganjar.

Ganjar juga menuturkan, nilai-nilai kebudayaan yang telah diwariskan dari para sesepuh dan leluhur harus dirawat, khususnya nilai kesenian dan kebudayaan yang ada. Dengan itu, rasa kebangsaan akan selalu tumbuh dan menjalar ke seluruh rakyat Indonesia tanpa ada tenggang rasa antar sesama anak bangsa.

Ia yakin bahwa ke-Indonesiaan bisa dirawat ketika kemudian pendekatan budaya mengutama. Dengan itu, lanjut Ganjar, rakyat bisa saling tukar pikiran tanpa rasa marah, dan bisa saling menghormati.

Ganjar sendiri telah mengingatkan mengenai kesatuan ini. Ia meminta semua pihak tetap menjaga persatuan dan jangan sampai bangsa ini terbelah akibat perbedaan pilihan di tahun politik 2024.

"Saya titip, saya titip betul betul, bangsa ini pernah terjadi pembelahan karena perbedaan pilihan," kata Ganjar.

 


Posting Komentar

0 Komentar