LINGKAR MADANI SEBUT UCAPAN “NDASMU ETIK” PRABOWO SIKAP TIDAK KESATRIA!

  


Pernyataan 'ndasmu etik' yang diungkap Prabowo Subianto dianggap tak mencerminkan sikap kesatria. Sebab, calon presiden (capres) nomor urut 2 itu menyatakan hal tersebut di forum partai.

"Sikap tidak kesatria. Sebab, membantah pernyataan Anies Baswedan di luar forum yang disediakan. Dalam hal ini adalah forum debat. Mengolok-olok personal, bukan argumen, di belakang panggung memperlihatkan sikap tidak satria itu," kata Direktur eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti dalam keterangan tertulis, Minggu, 17 Desember 2023.

Pernyataan Prabowo itu menyinggung pertanyaan capres nomor urut 1 Anies Baswedan di debat perdana. Pertanyaan tersebut mengenai pelanggaran etik di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perkara Nomor 90.

Eksponen 98 itu pun menyayangkan Prabowo mengucap 'ndasmu etik'. Meski, Ray tak terkejut pernyataan itu keluar dari Prabowo.

Menurut Ray, sebagaian politikus Indonesia tak menganggap aspek moralitas seperti itu sebagai hal yang penting. Bagi mereka, hal tersebut merupakan barang asik.

"Bagi mereka, hal itu barang asing, ide yang terlalu sulit dipahami," kata Ray.

Dia mengatakan sebagian politikus melihat demokrasi sebagai seperangkat aturan, bukan norma. Kubu ini yang disebut kemudian penganut paham demokrasi minimalis.

"Penganut paham demokrasi minimalis itu hanya kenal boleh atau tidak. Bukan baik atau buruk. Maka, jika hukum menyatakan boleh, mereka akan melakukannya dan sebaliknya," kata Ray.

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar