Soal Cawapres Anies, Nasdem Tersandera Demokrat!

  


Pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (Anies-AHY) sepertinya akan menjadi paket pada Pilpres 2024.

Pasalnya, putri Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid yang sempat dijodohkan dengan Anies Baswedan oleh Partai Nasdem justru menyodorkan nama AHY. Menurutnya, paket Anies-AHY adalah pasangan yang tepat.

Pernyataan Yenny Wahid ini diianggap sebagai “sandra” terhadap Partai Nasdem yang sebelumnya sangat getol membuat paket Anies – Yenny Wahid pada Pilpres 2024.

Akibatnya, Nasdem mau tidak mau harus “menyerah” kepada Partai Demokrat untuk memasangkan AHY dengan Anies Baswedan.

Hal itu disampaikan oleh pengamat politik Citra Institute, Elfriza. Menurutnya, pernyataan Yenny Wahid memambuat Nasdem tak memiliki pilihan selain mereustui paket Anies - AHY.

Sekarang, kata dia, Nasdem dalam kondisi tersandera oleh Partai Demokrat karena tak kunjung mendapatkan cawapres dari non partai yang pas untuk Anies Baswedan. Dengan kondisi itu, jika Nasdem tidak menolak paket Anies – AHY, maka peluang Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk bubar cukup besar.

Cuma, masalahnya pembubaran itu tidak sesederhana yang dibayangkan. Pasalnya, Nasedem sendiri adalah koordinator dalam koalisi tersebut.

“Nasdem sulit keluar dari koalisi perubahan. Karena ia koordinatornya. Martabat Surya Paloh (sebagai Ketua Umum Nasdem) akan bernilai minus jika akhirnya malah keluar dari koalisi Perubahan,”kata Doktor politik lulusan Universitas Nasional (Unas), Elfriza dilansir dari RMOL.

Sebelumnya, Yenny Wahid yang sempat diusung oleh Nasdem sebagai Cawapres Anies, terang-terangan mendukung AHY.

Menurutnya pasangan Anies-AHY adalah paket yang paling top dan pas untuk Pilpres 2024. “Ini sudah paling pas, paling top,” kata Yenny Wahid saat acara peluncuran buku tetralogi AHY di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis, 10 Agustus 2023.


Posting Komentar

0 Komentar