Viral Video TNI Dukung Anies, Kapuspen: Hoax Yang Disebarkan Buzzer Anies!

  


Video viral tentang dukungan TNI untuk Anies Baswedan pada Pilpres 2024 dipastikan adalah hoaks alias tidak benar. Hal itu sampaikan langsung oleh Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda (Laksda) Julius Widjojono.

Dari postingan resmi akun @puspentni, video itu ditemukan pada 16 Juni 2023 yang diunggah oleh akun Facebook bernama Fredi Anto.

"Pada tanggal 16 Juni 2023 ditemukan video 'Dukungan TNI Untuk Anis' yang diunggah akun Facebook Fredi Anto dengan memposting Video bahwa TNI mendukung Anies Baswedan dalam Pilpres 2024. Video itu adalah hoaks," kata Julius.

Soal video yang diposting tanggal 7 Juni 2023 itu, saat ini pihak Puspen sedang dalam tahap menyelidiki terhadap akun Facebook Fredi Anto yang diduga telah menyebarkan berita hoaks itu.

"Akun Facebook Fredi Anto juga terhubung dengan akun Facebook Tubari Arii dan akun Youtube Relawan Anies Baswedan," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa akun Facebook Fredi Anto ternyata juga tergabung dalam Akun Grup Facebook Pak Anis Putra Terbaik Bangsa dan acap kali memposting video yang menarasikan bahwa TNI mendukung Anies Baswedan yang merupakan berita HOAKS karena isi video tersebut merupakan potongan dari beberapa video yang diedit dan dijahit.

Hasil penyelidikan pihaknya, dirinya menegaskan, akun Facebook Fredi Anto memposting video editan dari beberapa kegiatan Relawan Anies Baswedan.

Kegiatan itu seperti acara Pengukuhan Pengurus di Semarang pada 17 Desember 2022 dengan pembicara Mayor (Purn) Yoyok Riyo Sudibyo (Mantan Bupati Batang periode 2012-2017) sebagai koordinator purnawirawan TNI.

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar