Sejarawan Prihatin Dengan Pendukung Anies Yang Mengaitkan Mistik Dengan Politik

  


Portal Anies Baswedan (ABW) membangun narasi aneh dan mistik yang menyebutkan bahwa  "...siapa pun yang menerima dan memegang pusaka tongkat cakra Pangeran Diponegoro pertama, maka orang tersebut bakal menjadi pemimpin besar,".

Hal itu diterbitkan pada tanggal 20 Juni 2023. Kemudian  "...siapa pun yang menerima dan memegang pusaka tongkat cakra Pangeran Diponegoro pertama, maka orang tersebut bakal menjadi pemimpin besar,"

Hal ini pun sontak disemprot oleh Sejarawan Bonnie Triyana. Ia merasa prihatin dengan pendukung Anies yang percaya mistik dengan memaknai penyerahan tongkat Pangeran Diponegoro dari Pemerintah Belanda.

"Saya kasihan sama Mas Anies. Pendukungnya justru ngibul soal tongkat Diponegoro," ujarnya.

Bonnie menyindir yang katanya Anies disebut sorang intelektual tapi mengapa pendukungnya begitu semua. Ia pun merasa kasihan dengan Anies dan para pendukungnya itu.

Apa yang direaksikan oleh Bonnie adalah hal yang wajar. Pasalnya, dia salah satu pelaku dibalik kembalinya beberapa peninggalan sejarah Indonesia dari Belanda. Baik tongkat Dipenogoro (2015), maupun Keris Diponegoro (2020).


Posting Komentar

0 Komentar