Sejahterakan Rakyat Jawa Tengah, Ganjar Gandeng Kades Minta Kompak Dengan Perangkat Membangun Desa

  


Gubernur Jateng dua periode Ganjar Pranowo meminta Kepala Desa dan perangkat desa di Jawa Tengah agar kompak dalam membangun desa, termasuk juga dalam penggunaan anggaran desa dan melayani masyarakat.

"Perangkatnya ada di sini, kadesnya ada di sini. Tolong kades dan perangkat di Jawa Tengah harus kompak, harus bersatu. Jangan indhik-indhikan (saling mengintip), jangan meri-merian (saling iri)," kata Ganjar.

Ganjar menilai kompaknya kades dan juga perangkatnya adalah hal yang sangat penting dalam pembangunan di level desa. Pasalnya, apabila di antara keduanya tidak kompak pasti akan terjadi masalah.

Kalau hal itu terjadi, maka tugas utama dalam mengurus dan melayani masyarakat terabaikan. Meski demikian, kekompakan itu di Jawa Tengah sudah terjalin dengan baik.

“Kalau antara perangkat desa dengan kades semua kompak, dengan masyarakatnya juga bagus, insyaallah pembangunan di level desa ini juga cepat. Kalau tidak kompak antara kades dengan perangkat, biasanya jadi masalah. Kita jadi ngurusi perangkat sama kadesnya daripada ngurusi masyarakat. Alhamdulillah sekarang perangkat dengan kadesnya banyak yang kompak, maka punya PR tugas utama ngurusi rakyat. Ini yang kami mau,” jelas Ganjar.

Ditambahkan Ganjar, kekompakan itu juga dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai program percepatan, yang sedang dilakukan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Menurut Ganjar, ada dua program yang hari ini harus diselesaikan bersama-sama. Pertama, penurunan angka kemiskinan ekstrem. Kedua, penurunan angka stunting.

Selain itu, gubernur berambut putih itu juga mengingatkan kepada perangkat desa dan kepala desa, agar melayani masyarakat dengan baik. Sebab, cukup banyak bantuan keuangan yang diberikan ke desa, sehingga harus dikelola dan digunakan sebaik mungkin. Selama 2022 lalu, Ganjar memberikan bantuan keuangan senilai Rp1,6 triliun untuk seluruh desa di Jawa Tengah. Jumlah itu bertambah menjadi Rp1,7 triliun pada 2023.

 


Posting Komentar

0 Komentar