Prabowo Maksa Beli Jet Tua Bekas Qatar Rp 12 T, Sudah Tua Dan Pemborosan Anggaran

  


Prabowo Subianto  mempertahankan keputusannya untuk membeli 12 jet tempur Mirage bekas dari Qatar dengan alasan untuk meningkatkan kemampuan TNI Angkatan Udara di tengah kekurangan Indonesia atas pesawat siap tempur.

Kementerian Pertahanan menegaskan bahwa mereka telah menandatangani kontrak senilai $734,5 juta untuk jet Mirage 2000-5, yang dibeli Qatar dari Prancis pada tahun 1997 dan merupakan yang tertua dari jenisnya.

Namun, pembelian Prabowo ini menuai banyak kritik dari beberapa pihak. Beberapa anggota DPR dan analis menyatakan keprihatinan tentang biaya, kondisi, dan teknologi pesawat bekas yang dibeli tersebut. Selain itu, pembelian Prabowo ini juga dinilai sebagai pemborosan anggaran.

Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi masalah pertahanan, Tubagus Hasanuddin, mempertanyakan pembelian pesawat tempur bekas oleh Kementerian Pertahanan.

"Kondisi apa yang mendesak sampai kita harus beli pesawat tua? Sudah tak punya daya tangkal,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Selain itu, keputusan ini berbeda dari apa yang disampaikan Presiden Jokowi yang meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyiapkan alat utama sistem senjata (alutsista) dengan teknologi yang modern sehingga tidak ketinggalan zaman.

 

 

 

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar