Pengamat Sebut Karakter Prabowo Sama Dengan Trump, Bolsonaro, Duterte

  


Director for Presidential Studies Universitas Gajah Mada Nyarwi Ahmad menyebut, sifat dan karakter yang ditunjukkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mirip dengan dengan sejumlah tokoh di dunia.

"Style Prabowo menunjukkan 'populist political communication style'. Style yang biasa dipakai aktor politik populis di banyak negara. Misalnya Trump di Amerika Serikat, Bolsonaro di Brazil dan Duterte di Filipina," katanya.

Mengapa dikatakan mirip ? banyak cirinya yakni kampanye dengan menggunakan gaya yang tidak normal alias nyeleneh dan menggunakan pilihan kata yang keras. Prabowo juga sering menggunakan kata-kata yang vulgar.

Tujuannya untuk menjelekkan pemerintah dan mempengaruhi publik untuk mendukung dirinya. Cara bicaranya mempengaruhi persepsi orang dengan cara mengaduk-aduk emosi mereka yang tidak puas kepada kebijakan yang ada saat ini.

"Salah satu bentuknya, Prabowo beberapa kali bilang 'ndasmu'. Kemudian contoh kampanye gaya nyeleneh itu joget di atas panggung. Lalu, ketika membangun sentimen ke elite, dia bilang pencuri dan sebagainya," kata Ahmad.

Namun cara Prabowo ini tidak cocok di Indonesia. Karena rakyat tak suka dipimpin dengan Prabowo yang berwatak keras, tempramental dan diktator. Rakyat butuh pemimpin yang bisa membawa kesejukan dan bisa berkomunikasi dengan lembut kepada mereka.

 


Posting Komentar

0 Komentar