Lestarikan Budaya Nusantara, Ganjar Kolaborasikan Budaya Jawa-Bali Yang Miliki Banyak Kesamaan!

  


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster sepakat menjalin kerja sama dua budaya Jawa-Bali yang memiliki kesamaan. Kerja sama budaya itu sengaja digagas Ganjar untuk melestarikan budaya nusantara.

“Antara Jawa dan Bali memiliki ikatan yang kuat dan memiliki kesamaan tradisi, seni, dan budaya. Sebut saja misalnya kenduri, ruwatan, weton, wayang, sinden, gamelan, konsep adab atau sopan santun, sampai konsep kepemimpinan,” kata Ganjar.

Ganjar menilai, kesamaan itu tentu tak terlepas dari sejarah masa lalu. Dimulai dari era Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8, kemudian berlanjut pada era Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-11.

Pada masa akhir Kerjaan Majapahit, lanjut Ganjar, bahkan terjadi migrasi secara besar-besaran dari Jawa ke Bali, mulai dari bangsawan, pemuka agama, seniman, dan pengrajin. Tak heran, sumber induk sejarah Jawa berada di Kerajaan Bali. Mulai dari Negarakertagama, Sutasoma, Pararaton, dan Tantu Pagelaran.

Oleh karena itu, Ganjar menilai penting untuk melakukan kerja sama budaya antara dua daerah tersebut. Agar kebudayaan bangkit kembali, dan memperkokoh budaya Nusantara.

“Kerja sama ini harus diperluas sepanjang zaman, sebagai wujud bakti kita untuk Indonesia Raya. Bagaimana kita membangun peradaban yang berbhineka, berkepribadian dalam kebudayaan, sesuai prinsip Trisakti Bung Karno,” pungkasnya.

 


Posting Komentar

0 Komentar