PUTRI GUS DUR KRITIK KERAS UCAPAN “NDASMU ETIK” DI HAUL BAPAKNYA: SEOLAH ETIKA TAK PENTING BAGINYA!

  


Putri Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Inayah Wahid menyinggung soal “Ndasmu Etik” dalam acara Haul ke-14 Gus Dur di Jakarta pada Sabtu, 16 Desember 2023. Ungkapan tersebut diduga ditujukan kepada calon presiden atau capres Prabowo Subianto.

Inayah dalam pidatonya di agenda bertajuk Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur itu mengingatkan agar pemimpin saat ini senantiasa berpedoman terhadap etika dalam demokrasi. Hal tersebut, kata dia, agar harkat dan martabat bangsa Indonesia dapat terus terjaga.

“Jadi kalau hari ini ada calon penguasa, calon pemimpin kemudian ditanya soal etik, soal etik, soal etik, lalu terus kemudian dia kesal, terus dia menjawab dengan ‘Ndasmu etik’. Maka kita tahu bagaimana ia meletakkan harkat dan martabat bangsanya. Karena etika adalah soal menjaga harkat dan martabat bangsa ini,” kata Inayah Wahid, yang diunggah di akun Instagram, Fauzanus.

Pernyataan Inayah Wahid memang tak secara gamblang ditujukan kepada Prabowo Subianto. Namun ungkapan ‘Ndasmu etik’ mencuat belakangan setelah viralnya cuplikan video Ketua Gerindra itu dalam rapat koordinasi nasional atau Rakornas tertutup di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat, 15 Desember 2023.

Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik, Prabowo berbicara di podium berhadapan dengan para kader Gerindra peserta Rakornas. Capres nomor urut 2 ini terlihat menirukan perkataan kompetitornya, Anies Baswedan, saat debat capres Selasa lalu. “Bagaimana perasaan Mas Prabowo, soal etik? Etik? Etik?” kata Prabowo menirukan Anies. “Ndasmu etik,” ujar Prabowo kemudian.

 


Posting Komentar

0 Komentar