PKB Beri Sinyal Pindah Haluan Ke Koalisi Lain, Koalisi Prabowo Terancam Bubar ?

  


Lama tak mendapat kejelasan dari Partai Gerindra soal cawapres, Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB mulai merasa gerah. Elite partai berlambang bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang itu pun mengultimatum akan hengkang dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar memberi isyarat partainya bakal merapat ke PDIP untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres. Hal ini menyusul setelah Gus Muhaimin masuk dalam deretan nama kandidat cawapres Ganjar.

Menurut Pengamat Politik Indostrategic Ahmad Khoirul Umam, langkah PKB untuk berpaling dari Gerindra bisa saja terjadi. Namun demikian, hal tersebut tergantung dari situasi politik yang ada.

Umam menjelaskan, PKB bisa saja meninggalkan Gerindra dan berpaling ke PDIP jika proposal politiknya tidak digubris oleh Prabowo Subianto. Padahal, kata dia, pengajuan Gus Muhaimin sebagai cawapres Prabowo sudah lama disampaikan dengan cara yang elegan sesuai mekanisme politik yang etis.

Namun yang saat ini terjadi, kata dia, muncul nama Erick Thohir di tengah ketidakjelasan nama Gus Muhaimin sebagai cawapres Prabowo Subianto. Terlebih hubungan Erick Thohir dengan Prabowo terlihat sering bersama dalam beberapa kesempatan, ketimbang dengan partner koalisinya, Muhaimin Iskandar. Kondisi ini dianggap akan semakin membuat PKB yakin untuk berlabuh ke lain hati.

"Yang belakangan itu yang lebih menonjol kan Pak Erick misalnya, yang sifatnya kan menikung tengah jalan. Kalau situasi itu kemudian terjadi dan berlanjut, besar kemungkinan kepindahan PKB bersama PDIP itu akan menjadi sebuah kenyataan," ujar dia.

Posting Komentar

0 Komentar