Lembaga Survei Bongkar “Wajah Kedua” Gerindra! SMRC: Mayoritas Pemilih Gerindra Tidak Dukung Jokowi

  


Survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengungkapkan bahwa Partai Gerindra belum sepenuhnya menjadi pendukung pemerintah. Hal ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan SMRC pada Juli 2023 terhadap 1.220 responden.

Pendiri SMRC, Saiful Mujani mengungkapkan, hasil survei ini berkaitan dengan penilaian responden terhadap kondisi ekonomi Indonesia.

"Yang menilai positif kondisi ekonomi 15 persen akan memilih Gerindra. Sementara yang menilai negatif kondisi ekonomi, memilih Gerindra 19 persen," ujar Saiful dilansir siaran YouTube SMRC TV, Jumat (11/8/2023).

"Justru mereka yang menilai kondisi ekonomi negatif lebih banyak yang memilih Gerindra dibanding dengan yang memiliki penilaian positif. Sehingga lihat dari pemilihnya, Gerindra belum sepenuhnya menjadi partai pendukung pemerintah," paparnya.

Dengan kata lain, warga yang tidak puas pada kinerja pemerintah masih cenderung memilih Gerindra. Saiful menuturkan, apabila partai tersebut dinilai sudah full dalam koalisi pemerintah, mestinya kondisi pemilihnya cenderung memberi penilaian positif kepada kondisi ekonomi.

Sebanyak 1.041 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Waktu wawancara lapangan 16- 23 Juli 2023.

Posting Komentar

0 Komentar