Ganjar Pamit Sebagai Gubernur Dengan Para Kiai, Gus Zaim: Jateng Damai Dipimpin Beliau

  


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sowan ke kediaman pengasuh Pondok Pesantren Al Hidayat, Lasem, KH Zaim Ahmad Maksum, Minggu (6/8/2023). Suasana hangat tersaji dalam pertemuan itu.

Ganjar tiba di kediaman Gus Zaim sekitar pukul 12.30 WIB. Ganjar langsung disambut Gus Zaim dan para sesepuh lainnya. Ganjar diajak masuk dan ngobrol lesehan di kediaman Gus Zaim dengan ditemani kopi serta camilan khas Rembang.

"Omahe njenengan sae Gus (rumahnya bagus, Gus). Ini peninggalan Pecinan ya," tanya Ganjar mengagumi rumah unik khas China milik Gus Zaim.

"Iya mas, ini bangunan tahun 1881. Ini masih asli Pak Gub, jadi sejak dulu begini," jelas Gus Zaim.

Ponpes Al Hidayat milik Gus Zaim memang unik. Pondok itu berada di kawasan Pecinan, Lasem Rembang. Di sekitar pondok, masyarakat Tionghoa bisa hidup berdampingan dengan damai.

"Justru baik semua Pak Gub, di sini itu saling menghormatinya tinggi sekali. Pondok kami sering dibantu oleh masyarakat sekitar, kadang kalau puasa dikirimi takjil. Pernah juga saat acara dialog kebangsaan, kami dikirimi Barongsai dan Liong," jelas Gus Zaim.

Ganjar dan Gus Zaim banyak berdialog terkait toleransi beragama. Gus Zaim juga memuji Ganjar yang berhasil menjadi pemimpin yang baik selama menjabat sebagai Gubernur Jateng.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Ganjar, Jateng menjadi daerah yang aman dan damai. "Dalam konteks pemerintahan, Pak Ganjar ini bagus. Beliau bisa membuat Jateng lebih damai," kata Gus Zaim.

Hal itu ditunjukkan dengan keadaan Jateng selama ini. Masyarakatnya bisa guyub rukun tanpa ada gejolak yang berarti. "Itu menunjukkan kepemimpinan yang baik. Jadi saya berharap, Pak Ganjar bisa sukses di segala hal dan dapat berkompetisi secara baik di tingkat selanjutnya," ucapnya.


Posting Komentar

0 Komentar