DEKLARASI DUKUNGAN BUDIMAN KE PRABOWO DI JATENG: IRONI YANG MENGIRIS NURANI KORBAN PENCULIKAN

  


Mantan aktivis PRD, Wilson, mengkritisi deklarasi organisasi Relawan Prabowo Budiman Bersatu (Prabu) di Semarang pada Jumat, 18 Agustus 2023 lalu.

Wilson yang juga pernah mendekam dalam satu sel di LP Cipinang bersama Budiman, menyesalkan dalam deklarasi tersebut, Budiman sama sekali tidak menyebut soal penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, sebagai fondasi persatuan bangsa.

Wilson juga menyebutkan, dari Jawa Tengah, tempat dideklarasikannya Relawan Prabu, terdapat dua aktivis PRD yang menjadi korban penghilangan paksa, yakni penyair Wiji Thukul dan Suyat. Bersama kawan-kawan lainnya, mereka masih hilang hingga sekarang.

"Ini ironis sekali, di Jawa Tengah juga ada dua aktivis PRD yg hilang diculik saat perjuangan reformasi 1998. Selama 25 tahun Budiman tak pernah menjumpai keluarga korban penculikan yaitu Wiji Thukul dan Suyat di Solo. Sekarang, dia malah bergabung dengan capres yg terlibat dalam kasus penculikan aktivis reformasi 1998," kata Wilson yang juga anggota Dewan Penasihat Ikatan Keluarga Orang Hilang Indonesia (Ikohi).

Kedatangan Budiman Sudjatmiko ke Jawa Tengah pada Jumat lalu untuk memobilisasi dukungan politik kepada Prabowo, menurut Wilson, menunjukkan bahwa dia hendak melupakan pelanggaran HAM berat. Mereka pun mengecam langkah yang diambil Budiman dan para pendukungnya kepada Prabowo tanpa mempersoalkan soal kasus pelanggaran HAM yang pernah dilakukan mantan Danjen Kopassus tersebut.

FRD berpendapat, sebuah politik yang hendak memajukan kemanusiaan akan sulit diwujudkan bila negeri ini dipimpin oleh orang yang pernah terlibat pelanggaran HAM di masa lalu. Jika belum ada pengadilan HAM baginya, justru berpotensi untuk mengulangi kesalahan yang sama.

Menurut Wilson, penyelesaian pelanggaran HAM berat di masa lalu bukankah didasari dendam, tapi agar kejadian yang sama tak terulang di masa depan. “Kita berutang pada masa lalu untuk masa depan yang lebih baik. Forgive, but not forget,” ucapnya.

Posting Komentar

0 Komentar