BANGKIT DAN JUARA! LSI: ELEKTABILITAS GANJAR NAIK TERUS, UNGGULI PRABOWO DAN ANIES

  


Fenomena Ganjar Rebound terus berlanjut seiring dengan hasil survei terbaru yang dirilis oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI). Survei terkait elektabilitas bakal calon presiden (bacapres) 2024 tersebut dirilis LSI secara daring, Rabu (30/8/2023).

Dalam simulasi tertutup tiga nama, bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo menunjukkan dominasinya sebagai calon yang paling banyak dipilih. Hasil survei tersebut menunjukan elektabilitas Ganjar sebanyak 37 persen mengalahkan Prabowo Subianto yang memperoleh 35,3 persen, serta sedangkan Anies Baswedan sebanyak 22,2 persen.

"Simulasi 3 nama, Ganjar paling tinggi 37 persen, kemudian Prabowo 35,3 persen, Anies 22,2 persen dan belum menjawab 5,5 persen," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam keterangan tertulis, Rabu (30/8/2023).

Lebih lanjut, Djayadi juga mengatakan elektabilitas Ganjar mengalami kenaikan pesat sejak April 2023. Pada April lalu, Ganjar mendapatkan 26,9 persen, sekarang sudah meningkat menjadi 37 persen.

Diketahui, survei tersebut dilakukan pada tanggal 3-9 Agustus 2023. Populasi survei tersebut adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi tersebut, dipilih secara random (multi stage random sampling) sebanyak 1220 responden. Margin of error dari 1220 responden tersebut sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Selanjutnya, responden terpilih di wawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Kemudian dilakukan juga quality control terhadap hasil wawancara secara random sebesar 20 persen dari total sampel. Quality control dilakukan oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tersebut, tidak ditemukan kesalahan berarti.


Posting Komentar

0 Komentar