Tamparan Keras Untuk Penyembah Anies! FIFA Kirim Surat Perintahkan Rumput JIS Diganti

  


Analisis agronom yang juga Chairman Karya Rama Prima Qamal Mutaqin soal masalah rumput hybrid Jakarta International Stadium (JIS) akhirnya terbukti. Surat induk federasi sepakbola dunia alias FIFA ke PSSI seolah menjadi tamparan keras bagi pendukung Anies Baswedan.

Geisz Chalifah, salah satu loyalis Anies Baswedan yang paling ngotot bahwa rumput JIS sudah sesuai standar FIFA. JIS menggunakan rumput hybrid yang sama seperti digunakan pada stadion kualitas dunia lainnya, seperti di markas klub Jerman, Bayern Munchen yakni Stadion Allianz Arena.

Agronom yang juga Chairman Karya Rama Prima Qamal Mutaqin bahkan kerap diolok sebagai tukang rumput yang tidak mengerti masalah rumput hybrid. Surat dari FIFA kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menjadi jawaban polemik rumput JIS yang selama ini disebut sudah sesuai standar FIFA.

Dalam surat elektronik tertanggal 20 Juli 2023, FIFA meminta PSSI menghilangkan rumput hybrid di JIS jika ingin menggunakannya sebagai venue Piala Dunia U-17. Permintaan penggantian rumput hybrid di lapangan utama JIS merupakan rekomendasi Manajer Lapangan Senior FIFA, Alan Ferguson.

Sederet alasan atau pertimbangan rumput lapangan utama JIS harus direnovasi. FIFA menjadikan lapangan utama JIS dengan rumput hybrid yang tertanam sebagai perhatian utama. Alan Ferguson menguraikan detail-detail pada lapangan utama JIS yang harus diperbaiki. Perhatian utama FIFA pada penghilangan rumput hibrid yang tertanam di JIS.

FIFA menilai penggunaan rumput hybrid berpotensi menimbulkan sejumlah masalah, seperti pertumbuhan akar yang tidak efektif. Proses perawatannya juga sulit. "Kesulitan jika mempertahankan sistem seperti itu adalah bahwa efektivitas akar yang sulit mencapai bagian alas karpet terhalang lima centimeter antara zona akar atas dan zona akar bawah yang memberi pertumbuhan akar menjadi tidak efektif," tulis FIFA.

FIFA juga memberikan catatan terhadap dampak penggunaan rumput hybrid setelah pertandingan. Sistem hybrid pada penanaman rumput di stadion JIS dinilai dapat merugikan kualitas lapangan setelah pertandingan.


Posting Komentar

0 Komentar