Lagi-Lagi Kadrun Anies Ngehoax! Pamer Seolah Pendukung Anies Membludak, Eh Ketahuan Pakai Video Jambore Komunitas RX King

  


Narasi yang cukup marak sekarang, mengaku-ngaku video tentang pendukung Anies Baswedan kenyataannya pesta komunitas otomotif.

Komunitas otomotif baik roda dua maupun roda empat selalu memiliki cara untuk kebersamaan. Antara lain mengadakan kopdar alias kopi darat dalam bentuk jambore, dan disediakan panggung. Belakangan, keramaian panggung itu diklaim sebagai visualisasi massa pendukung salah satu calon presiden (capres) dalam Pemilu 2024.

Akun Tiktok bernama rizal.arif77 memposting sebuah video berdurasi 1 menit 41 menit. Memperlihatkan kerumunan orang yang sedang menyanyikan Indonesia Pusaka. Diberi keterangan: "luar biasa pendukung pak anis di kalimantan. semoga sukses buat pak anis.#anis#relawananisfor2024".

Setelah ditelusuri ternyata video bukan tentang pendukung Anies Baswedan.

Faktanya video identik dengan video yang diposting akun Facebook Yamaha Rx-King Indonesia (YRKI) dan postingan di kanal YouTube atas nama akun Hai Sobat Otomotif. Tepatnya pada menit ke 2:50 dalam video berjudul JAMADA 3 YRKI JOGJA RX KING 2022. Kedua akun posting pada saat bersamaan, 10 Oktober 2022. Video memiliki kesamaan pada bentuk panggung, mobil damkar di samping panggung, serta beberapa motor diparkir dekat panggung.

Video Jambore Daerah 3 YRKI JOGJA RX KING 2022 yang disalahgunakan ini pernah diperjelas adalah salah lewat akun Twitter John Sitorus. Berdasarkan artikel Suara.com berjudul "Pendukung Akui Video Lautan Manusia Sebagai Perpisahan Anies, John Sitorus: Itu Jambore di Jogja, Tangkal Hoaks!" yang diunggah pada 18 Oktober 2018.

Video berisi acara Jambore Daerah 3 YRKI Yogyakarta ini juga sudah menjadi bahan hoaks dengan klaim video perpisahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Video dengan narasi "luar biasa pendukung pak anis di kalimantan. semoga sukses buat pak anis.#anis#relawananisfor2024" adalah tidak benar. Termasuk dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.


Posting Komentar

0 Komentar