Kadrun Kembali Sebar Hoax Tentang Jusuf Hamka Untuk Tarik Suara Tionghoa

  


Beredar kabar bahwa Jusuf Hamka  memberikan instruksi yang membuat semua warga Tionghoa mendukung Anies Baswedan. Namun, kabar itu masuk dalam konten yang dimanipulasi.

Faktanya, tak terdapat informasi terkait warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka mendeklarasikan Anies Baswedan dan menolak calon presiden (Capres) pilihan Jokowi dalam video klaim tersebut.

Narasi yang diberikan "Ikut Intruksi Jusuf Hamka Seluruh Warga Tionghoa Deklarasi Anies Pilpres, Menolak Capres Pilihan Jkw" dan BREAKING NEWS!! TEPIS ISU DUKUNG CAPRES PILIHAN JOKOWI SEMUA WARGA TIONGHOA IKUT INSTRUKSI JUSUF HAMKA DEKLARASI ANIES BASWEDAN".

Kabar itu beredar dalam bentuk video. Kanal YouTube LIDAH RAKYAT menuliskan narasi tersebut. Setelah menonton keseluruhan isi dari video, tak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang ditampilkan dalam video.

Narator dalam video hanya membacakan artikel dari bukamatanews.id dengan judul “Jusuf Hamka Marahi Willianto Tanta Gegera HT Klaim Tionghoa Dukung Capres Pilihan Jokowi”. Artikel itu diunggah pada 17 Mei 2023 kemarin.

Kabar tersebut dibantah oleh Jusuf Hamka selaku Ketua Dewan Penasehat Persatuan Islam Tionghoa Indonesia yang mengatakan tidak pernah memberikan kuasa untuk mengatakan bahwa masyarakat Tionghoa diwakili oleh seseorang untuk mendukung capres tertentu.

Berdasarkan penjelasan di atas, video dengan narasi warga Tionghoa ikut instruksi Jusuf Hamka deklarasikan Anies Baswedan dan menolak capres pilihan Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

 

 


Posting Komentar

0 Komentar