Prabowo Beli Jet Uzur Mahal Bekas Qatar, DPR: Dengan Anggaran Yang Sama Bisa Beli Sukhoi Su-35 Flanker E Baru!

  


Prabowo Subianto baru-baru ini melakukan pembelian jet tempur Mirage 2000-5 bekas dari Qatar sejumlah 12 unit yang anggarannya mencapai Rp11,8 triliun. Kebijakan itu sontak mendapat kritikan dari DPR.

Anggota Komisi I DPR Sukamta mempertanyakan efektivitas dan ketepatan pengadaan alutsista Kemhan. Menurutnya, pengadaan pesawat bekas bakal menimbulkan masalah di kemudian hari.

Harga pesawat bekas yang dibeli Prabowo menurutnya sangat mahal dan tidak efektif dalam usia penggunaan. Jika membeli pesawat baru, anggaran tersebut cukup untuk 12 pesawat tempur Boeing F/A-18E/F Super Hornet seharga US$ 67,4 juta Rp 968 miliar.

“Bahkan bisa membeli pesawat tempur baru 9-10 buah kisaran harga Rp 1,2-1,3 triliun pesawat seperti: McDonnell Douglas F-15EX Strike Eagle, Sukhoi Su-35 Flanker E, Saab JAS 39E/F Gripen, Lockheed Martin F-35A,” paparnya.

Ia juga mengingatkan bahwa pembelian pesawat Mirage 2000-5 ini bisa menjadi “bom waktu”.

“Sepuluh tahun lagi, pesawat ini akan masuk museum. Anggaran pembelian nyaris Rp12 triliun belum termasuk perawatan. Pemakaian selama 10 tahunan, jika dibagi rata pertahun maka Indonesia setiap tahun menyisihkan lebih dari Rp1 trilliun untuk urusan pesawat bekas ini,” tegasnya.

 


Posting Komentar

0 Komentar