Libatkan BUMDes, Ganjar Pranowo Permudah Warga Bayar Pajak Kendaraan

  


Gubernur Jateng dua periode Ganjar Pranowo terus memberikan inovasi-inovasi untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat Jawa Tengah, khususnya yang ada di desa-desa.

Kali ini, Ganjar meluncurkan Samsat Budiman atau Badan Usaha Digital Mandiri. Program ini merupakan layanan online berbasis website, dengan mengoptimalkan keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Tujuan program ini adalah untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan bermotor. Khususnya bagi masyarakat yang ada di desa.

Lewat layanan yang dikelola BUMDes ini, masyarakat yang hendak membayar pajak tidak perlu datang ke kantor samsat yang berjarak jauh. Mereka cukup datang ke gerai Samsat Budiman di Kantor BUMDes. Selain itu, jam buka gerai pun lebih fleksibel yakni dari pagi hingga malam hari, sehingga sangat membantu masyarakat dalam membayar pajak.

Gubernur berambut putih itu berharap kehadiran Samsat Budiman bisa meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

"Ini cara baru sehingga target pendapatannya tercapai, mereka merasa teringankan. Terima kasih banyak desa yang sangat kreatif kemudian mereka punya BUMDes yang bagus, lalu coba kita kerjasamakan sebagai sebuah kekuatan untuk sumber daya yang sampai di ujung-ujung," ujarnya.

Selain itu, Ganjar mengaku senang BUMDes yang jadi mitra Samsat Budiman juga berinovasi untuk mempermudah para wajib pajak. Salah satunya memberikan dana talangan kepada pembayar pajak yang sudah jatuh tempo, tapi tidak memiliki cukup uang. Dana talangan itu kemudian dicicil oleh wajib pajak.

Ganjar juga mengingatkan seluruh pejabat yang terlibat dalam bidang ini, khususnya di pelayanan agar tidak mempersulit para wajib pajak.

"Saya titip pada semuanya, terutama soal KTP. Ini masyarakat mau bayar pajak lho, jangan dipersulit," tegas Ganjar.

 


Posting Komentar

0 Komentar