Hadapi El Nino, Ganjar Perintahkan Jajarannya Hingga Desa Jaga Kebutuhan Rakyat!

  


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memerintahkan Perangkat Desa untuk serius mempersiapkan mitigasi dampak dari El Nino. Gubernur dua periode itu tak mau kebutuhan masyarakat terganggu akibat El Nino.

"Setiap OPD betul-betul menyiapkan diri masing-masing agar kita bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada. Jadi ini kita siapkan rencana aksi, mitigas risiko dari dampak El Nino,” kata Ganjar.

Ia pun turut mengajak masyarakat juga ikut dalam mitigasi kekeringan di Jawa Tengah. Salah satunya dengan menjaga produksi tanaman pangan rumah tangga.

“Kita minta satu menjaga produksi pertanian pangan dan kita mendorong rumah tangga-rumah tangga juga untuk menanam sendiri. Terus kemudian perikanan, peternakan, perkebunan kita siapkan,” ujarnya.

Ganjar menilai, mitigasi ini berdasarkan pengalaman dari kemarau El Nino yang melanda Jateng tahun 2019 lalu selama 9 bulan. Dampak-dampak di wilayah rawan kekeringan seperti Brebes, Tegal, Demak, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Wonogiri pun telah disiapkan.

mitigasi ini berdasarkan pengalaman dari kemarau El Nino yang melanda Jateng tahun 2019 lalu selama 9 bulan. Dampak-dampak di wilayah rawan kekeringan seperti Brebes, Tegal, Demak, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Wonogiri pun telah disiapkan.

Selain itu, Ganjar berkata stok pangan lokal seperti beras, jagung, dan ketela juga telah disiapkan dalam kondisi-kondisi darurat. Sektor kesehatan juga diperkuat pemerintah untuk menangani potensi penyakit yang akan menjangkiti.


Posting Komentar

0 Komentar