Dikunjungi Saat Istirahat Menuju Borobudur, Puluhan Bikkhu Thailand Terkesan Dengan Ganjar: Merakyat!

  


Waisak 2567 Buddhist Era (BE) menjadi perayaan yang berkesan bagi umat Buddha. Selain telah lepas dari cengkeraman Covid-19,  pembangunan infrastruktur di Kawasan Borobudur, Magelang, sebagai tempat perayaan Waisak, menambah kekhusyukan beribadah.

Selain telah lepas dari pandemi, Waisak 2023 menjadi istimewa dengan kedatangan 32 bikkhu yang melakukan ritual Thudong dari Thailand ke Borobudur di Magelang Jawa Tengah. Menurut Bante Dhammavuddho, antusiasme warga menyambut menjadi spirit tersendiri bagi para biksu melakoni ritual kuna tersebut.

puluhan bikkhu tersebut menempuh jarak 2.600 kilometer. Di Jawa Tengah mereka juga mendapat sambutan, di sepanjang jalan yang mereka lewati.

Dukungan, datang juga dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu menjadi semangat tersendiri bagi mereka.

“Awalnya mereka tidak kenal. Tapi begitu dikenalkan, mereka merasa bahagia, karena sampai tingkatan gubernur itu dengan rendah hati. Malah ketemu pas istirahat tidak ada janjian. Pak Ganjar merakyat dan mereka terkesan,” imbuhnya.

Bante Dhammavuddho juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada petugas keamanan. Sebab, pengamanan yang dilakukan menjadikan perayaan Waisak aman dan nyaman.

Seperti diketahui, pembangunan kawasan Borobudur dilakukan sinergis. Secara khusus Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ditunjuk menjadi mandor penataan kawasan Borobudur.

Beberapa proyek mendapat perhatian dari Ganjar. Ini dilakukan agar pembangunannya dipercepat. Di antaranya, proyek pengolahan sampah di Desa Tuksongo, pembangunan community center Desa Kembanglimus, pembangunan gerbang Palbapang, dan pengembangan desa akses budaya Mendut-Pawon di Desa Bojong Magelang.

 


Posting Komentar

0 Komentar