Saatnya Yang Muda Memimpin! Survei Indikator: Ganjar-Sandi Unggul di Simulasi Capres-Cawapres

  


Pasangan Ganjar Pranowo dan Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan perolehan nilai 38 persen. Hal itu berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia melakukan survei terkait simulasi tiga pasangan capres dan cawapres pada pilpres 2024.

Duet Ganjar dan Sandi mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Erick Thohir yang memperoleh 32,2 persen, serta pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono dengan perolehan 19,2 persen. Sementara yang tidak tahu/tidak menjawab sebanyak 10,6 persen.

Dalam simulasi selanjutnya, pasangan Ganjar-Sandi juga mengalahkan pasangan Prabowo-Erick dan pasangan Anies-Khofifah Indar Parawansa. Ganjar-Sandi memperoleh 37 persen, Prabowo-Erick memperoleh 34,3 persen sedangkan Anies-Khofifah memperoleh 17,9 persen. Sementara yang tidak menjawab/tidak tahu sebanyak 10,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan target populasi survei ini merupakan warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon, sekitar 83 persen dari total populasi nasional.

Pemilihan sampel dilakukan melalui random digit dialing (RDD), yakni teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dengan teknik RDD sampel sebanyak 1.290 responden, dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Adapun margin of error survei ini diperkirakan kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden pun dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang terlatih.

 


Posting Komentar

0 Komentar