Heboh Presiden Partai Buruh Cium Tangan Ganjar, Said Iqbal : Itu Adab Dan Akhlak !

  


Presiden Partai Buruh Said Iqbal memberikan klarifikasi sikapnya dalam foto yang ramai beredar ketika mencium tangan bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo beredar di media sosial. Namun Said Iqbal menilai aksinya itu merupakan bentuk adab dan akhlak.

Iqbal mengatakan sikapnya itu merupakan didikan orang tuanya. Dia sejak kecil kerap diajarkan tentang adab dan akhlak.

"Di keluarga kami, Ibu Saya Mimi, Walet Papa mengajarkan tentang adab dan akhlak dari kecil tentang cium tangan kepada tiga kategori. Pertama orang berilmu walau lebih muda cium tangan. Misal ustaz di kampung dan lain sebagainya. Kedua, orang yang lebih tua, ketiga adalah orang yang karena fungsinya, pantas kita hormati. Karena kerja untuk negara pantas dihormati," ucapnya.

Ia menganggap bahwa hal itu merupakan sesuatu yang sudah biasa dilakukannya terhadap Ganjar. Menurut Said Iqbal, mencium tangan tidak harus melihat muda atau tua. Namun, hal ini merupakan adab yang harus dia kedepankan.

Presiden Partai Buruh ini kembali menambahkan persoalan adab dan akhlak. Menurutnya, tindakannya itu bukanlah feodal.

"Itu adab dan akhlak yang diajarkan oleh orang tua saya kepada saya. Bahkan kalau itu Habib, saya cium tangan, saya cium pipi tiga kali. Itu adab, bukan feodal," katanya.

 


Posting Komentar

0 Komentar