Ganjar Resmi Jadi Keluarga Kesultanan Palembang Darussalam, Perwakilan Kesultanan: Kami Beri Tanjak Melayu, Beliau Peduli Dengan Budaya

  


Capres dari PDIP, Ganjar Pranowo, disemtakan tanjak melayu oleh Sultan-sultan dari Kesultanan Palembang Darussalam. Penyematan itu dilakukan di Main Dining Hall, Wisma Atlet Jakabaring, Kota Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Penyematan perlengkapan pakaian bangsawan Palembang itu dilakukan oleh Sultan Palembang Darussalam, Paduka Yang Mulia Sultan Mahmud Badaruddin IV Jayo Wikramo Raden Muhammad Fauwaz Diraja, dalam acara bertajuk "Silaturahmi dan Safari Budaya di Bumi Sriwijaya". Ini adalah simbol diterimanya Ganjar sebagai bagian dari keluarga bangsawan Keluarga Kesultanan Palembang Darussalam.

Perwakilan Kesultanan Palembang Darussalam, Yang Mulia Beby Sri Mardiana Putri Sriwijaya, menjelaskan, ada alasan di balik penyematan tanjak melayu tersebut. Salah satunya adalah karena Ganjar dianggap peduli terhadap adat budaya nusantara.

“Beliau care dengan budaya. Bukan karena orang Jawa Tengah, tapi memang beliau care,” katanya.

Menurut Beby, kepedulian Ganjar terhadap adat budaya nasional kerap ditunjukkan lewat berbagai aksinya saat memimpin Jawa Tengah sebagai gubernur. Salah satunya dengan mengumpulkan raja se-nusantara di Candi Borobudur, Magelang, beberapa waktu lalu.

Ganjar juga menunjukkan kepedulian terhadap budaya Indonesia lewat kebijakannya. Yakni mewajibkan ASN Pemprov Jateng mengenakan baju adat nusantara setiap Kamis di pekan keempat.

“Setiap bulan PNS itu bebas menggunakan baju adat apa saja dari mana dia asalnya. Kalau misalnya dari Betawi, ya baju khas Betawi. Bebas. Saya bilang wah ini kayak karnaval, bagus sekali kepeduliannya,” pungkasnya.



Posting Komentar

0 Komentar