Ganjar Penerus Sah Jokowi! SMRC: Mayoritas Rakyat Yakin Ganjar Lanjutkan Kebijakan Jokowi

  


Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan survei untuk mengetahui persepsi publik terkait bakal calon presiden (bacapres) yang akan melanjutkan atau mengubah program pemerintahan Presiden Joko Widodo usai Pilpres 2024.

Menurut Direktur Riset SMRC Deni Irvani, dua persepsi itu akan menjadi pertarungan di antara bacapres Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan dan Bacapres PDIP Ganjar Pranowo.

"Hasil survei menyatakan sebanyak 58 persen menyatakan Ganjar akan melanjutkan kebijakan Jokowi, yang menyatakan Ganjar akan mengubah 22 persen dan tidak menjawab 19 persen. Sebaliknya 47 persen menyatakan Anies akan mengubah kebijakan Jokowi jika jadi presiden, yang menyatakan akan lanjutkan 27 persen dan belum jawab 26 persen," ujar Deni.

Ia mengatakan capres pengusung tema keberlanjutan akan mendapat dukungan lebih besar jika kinerja pemerintah Jokowi ke depan dinilai semakin positif.

Pemilihan sampel dalam survei tersebut menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan 925 responden yang dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Deni mengklaim survei yang dilakukan pada 2-5 Mei 2023 itu memiliki kurang lebih 3,3 margin of error pada tingkat kepercayaan 95 persen dari asumsi simple random sampling.

 


Posting Komentar

0 Komentar