Nobatkan Jokowi Sebagai “King Maker Pemilu 2024”, LSI: Ada Tiga Faktor!

  


Beberapa survei menunjukkan tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi meningkat. Terbaru, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mencatat tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai 76,8 persen, dari hasil survei pada 31 Maret - 4 April 2023.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menilai tingkat kepuasan yang tinggi dari masyarakat, membuat Jokowi berpotensi menjadi 'king maker' dalam Pemilu 2024. King maker adalah sebutan bagi orang atau kelompok yang memiliki kekuatan besar memunculkan kandidat yang memenangi pemilu.

"Tingkat kepuasan terhadap Jokowi berpengaruh pada kemampuan Jokowi memberikan endorsement kepada capres yang dia dukung," kata Djayadi.

Djayadi menilai pemilih yang puas terhadap tokoh yang didukungnya cenderung akan memilih calon yang dianggap sejalan atau senapas dengan tokoh tersebut.

"Sekarang ini yang dianggap sejalan dengan Jokowi, dari tiga nama teratas adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto," kata dia.

Selain faktor tingkat kepuasan publik, Djayadi menilai terdapat dua faktor lainnya yang menjadikan Jokowi sebagai sosok king maker yang memiliki kekuatan menentukan Pemilu 2024.

Pertama, posisinya sebagai presiden yang memiliki kontrol terhadap semua aparat negara, kekuasaan, dan berbagai sumber daya politik lainnya.

Kedua, Jokowi terus memelihara dan mengkonsolidasikan relawan-relawannya, yang berfungsi menjaga agar para pendukung dan pemilih Jokowi di pemilu 2019 lalu tetap solid.

Posting Komentar

0 Komentar