Kebenaran Akan Tetap Berdiri Tegak! Walau Dihantam Berbagai Isu Yang Dimainkan Kadrun, Muslim Jawa Tolak Anies dan Tetap Pilih Ganjar

  


Pegiat media sosial Chusnul Chotimah menyoroti hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang mengungkapkan mayoritas kalangan Muslim Jawa memilih Ganjar Pranowo pada pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Dia mengatakan temuan survei tersebut membuktikan bahwa isu yang dimainkan oposisi tidak mempan menurunkan elektabilitas Ganjar. Hal itu disampaikan Chusnul Chotimah dalam akun Twitter pribadinya, pada Kamis 13 April 2023.

"Alhamdulillah berarti isu yg dimainkan kadrun selama ini dari e-KTP, wadas dll, ga mempan serta politik identitas mereka juga ga laku," ujar dia.

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya soal dinamika jelang Pilpres 2024. Dalam survei terbarunya disebutkan jika sebanyak 60 persen warga Muslim etnis Jawa yang mengaku santri memilih kader PDIP Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Dalam tabulasi silang, dari 52,4 persen santri Muslim Jawa, 60 persen memilih Ganjar, 20 persen Prabowo Subianto, dan 15 persen Anies Baswedan," kata Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam keterangannya dikutip Suara.com, Kamis (13/4/2023).

Selain itu, Saiful juga mengungkapkan, jika pilihan kelompok abangan juga lebih dominan ke Ganjar 58 persen, Prabowo Subianto 11 persen, Anies Baswedan14 persen dan tidak jawab 16 persen.

Sementara terdapat 59 persen kalangan priyayi yang memilih Ganjar, 0 persen yang memilih Prabowo, dan 19 persen yang memilih Anies, adapun yang tidak jawab 22 persen.

Lebih lanjut, Saiful menjelaskan, menyimpulkan bahwa perbedaan santri, abangan, dan priyayi dalam pemilihan presiden tidak lah penting. Menurutnya, baik dari kalangan santri, abangan dan priyayi di kalangan Muslim Jawa sama-sama dominan memilih Ganjar.

Posting Komentar

0 Komentar