MILIKI RASA KEMANUSIAAN TINGGI ! TURKI-SURIAH DIGUNCANG GEMPA DAHSYAT, JOKOWI SEGERA SIAPKAN BANTUAN

  


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah sedang menyiapkan bantuan untuk korban gempa magnitudo 7,8 di Turki. Bantuan itu segera dikirim.

"Ini sedang disiapkan bantuannya oleh Menteri Luar Negeri, Kemenhan, dan juga oleh Kementerian Sosial," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana, Selasa (7/2/2023).

Jokowi belum menjelaskan detail jenis bantuan yang akan dikirim. Dia mengatakan pemerintah sedang mencari pesawat yang bisa digunakan untuk membawa bantuan.

"Sedang disiapkan dan segera akan dikirim secepatnya, ini tadi pagi masih mencari pesawat," ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan belasungkawa atas gempa yang mengguncang Turki dan Suriah. Jokowi mengatakan Indonesia berdiri bersama rakyat Turki dan Suriah.

Ungkapan belasungkawa ini disampaikan Jokowi melalui akun twitter resminya, @jokowi, Senin (6/2/2023). Jokowi juga menyampaikan dukungan untuk warga Turki dan Suriah yang menjadi korban.

Tidak hanya itu, Jokowi juga memberikan doa untuk keluarga dan korban. Jokowi menyebut Indonesia berdiri dalam solidaritas bersama warga Turki dan Suriah.

"My deepest condolences to the people of Syria and Türkiye following the earthquake this morning across southeast Türkiye and northern Syria. Our thoughts and prayers are with the families and victims. Indonesia stands in solidarity with the people of Türkiye and Syria," tulis Jokowi.

"Belasungkawa terdalam saya kepada orang-orang Suriah dan Turki setelah gempa bumi pagi ini di tenggara Turki dan Suriah utara. Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan korban. Indonesia berdiri dalam solidaritas dengan rakyat Turki dan Suriah," tulis Jokowi.

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Turki dan dirasakan hingga Suriah pada Senin (6/2). Guncangan juga dirasakan hingga ke Greenland, yang sangat jauh.

Puluhan negara, dari Ukraina hingga Selandia Baru, berjanji mengirimkan bantuan untuk Turki dan Suriah. Suhu dingin yang membekukan makin memperlambat upaya pencarian dan penyelamatan korban.

Sejumlah kehancuran terparah ada di area dekat pusat gempa, yakni antara Kahramanmaras dan Gaziantep, karena seluruh blok bangunan hancur menjadi puing yang menumpuk di bawah timbunan salju. Hingga kini, ada 4.300 orang yang tewas di Turki dan Suriah akibat gempa.

KBRI Ankara juga menyebut ada 10 orang WNI yang menjadi korban luka. Sementara itu, ada lima WNI yang masih hilang kontak.

 

Posting Komentar

0 Komentar