TERINSPIRASI “AYAH GANJAR” MILENIAL BANTEN CETUSKAN PROGRAM RUMAH GIZI !

 


Milenial hingga mahasiswa yang tergabung dalam jaringan relawan Ganjar Milenial Center (GMC) Banten menginisiasi tercetusnya program Rumah Gizi dan Stunting. Salah satunya hadir di Desa Pasir Kembang, Kec Maja, Kabupaten Lebak, Banten. Program ini tidak terlepas dari prestasi Ganjar dalam menurunkan angka stunting di Jateng.

Koordinator Wilayah GMC Banten, Cucu Komarudin menjelaskan bahwa ini menjadi implementasi ke empat dari Rumah Gizi dan Stunting. Bekerja sama dengan posyandu setempat, para relawan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis anak-anak di bawah usia lima tahun (balita).

“Kegiatan ini terinspirasi setelah melihat kinerja Ayah Ganjar sebagai gubernur saat memberantas stunting di Jawa Tengah," jelasnya.

Dalam konsep yang telah direncanakan, kegiatan ini akan terus bertahap hingga satu tahun ke depan. Diharapkan kegiatan ini bisa merata, karena wilayah Banten angka stuntingnya tinggi. mereka berharap dengan adanya kegiatan ini, bisa menurunkan angka stunting yang tinggi di wilayah Banten

Setelah mendapat pemeriksaan kesehatan, para balita juga diberikan vitamin, susu, biskuit, dan pangan lain yang bermanfaat untuk gizi mereka. Selain itu, orang tua para balita juga diberikan edukasi oleh para relawan, terkait pentingnya mencegah stunting pada balita sejak dini.

Cucu menjelaskan, para relawan GMC sudah melakukan survei beberapa bulan sebelum meluncurkan program Rumah Gizi dan Stunting. Dari survei tersebut, telah diputuskan daerah-daerah yang akan menjadi tempat implementasi program ini.

Milenial ini juga membuka posko dengan akses 24 jam untuk balita yang ingin melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu mereka juga memberikan vitamin gratis, biskuit, susu, dan lain-lain demi menunjang pertumbuhan serta gizi.

"Kegiatan berikutnya nanti kita akan masuk ke tahap lima, enam, dan seterusnya hingga tahap 20. Tapi nanti juga ada peningkatan yang diberikan. Contoh tahap ini kita berikan vitamin, biskuit, dan susu. Nanti di tahap berikutnya kita berikan minyak ikan," ujar Cucu.

Posting Komentar

0 Komentar