NORMALISASI SUNGAI SOLUSI JANGKA PANJANG GANJAR ATASI BANJIR JATENG

 


Dalam rapat di Semarang, sejumlah kepala di daerah, bupati maupun walikota yang wilayahnya kebanjiran mengusulkan untuk normalisasi sungai. Hal itu dismpaikan Ganjar Pranowo, saat meninjau suasana lokasi pengungsian di Aula Kecamatan Pekalongan Barat.

Menurut Ganjar, di Pekalongan sendiri pengendalian tata ruang menjadi sangat penting karena merupakan jangka panjang. menurut Ganjar yang menjadi perhatiannya yakni soal tanggul dan sungai yang butuh diselesaikan cepat.

Tanggul akan cepat diselesaikan oleh Ganjar, namu saat ini memang ada satu tanggul yang memang butuh cepat dan harus menjadi perhatian khusus, yakni Sungai Bremi di Pekalongan. Pekalongan menjadi perhatian khusus, sehingga posisi tanggul akan dibereskan dan beberapa sungainya akan langsung diperbaiki.

Ganjar mengatakan Menteri PUPR pun langsung merespons dan meninjau Semarang.

"Pak menteri telepon saya, hari ini meninjau Semarang, sudah saya sampaikan untuk (kebutuhan) pompa-pompa portabel," ucapnya.

Ganjar juga memberikan apresiasi pada Walikota yang cekatan dalam penanganan korban banjir terutama logistik kebutuhan para pengungsi.

"Alhamdulillah wali kotanya cekatan jadi jika terjadi sesuatu saya kontak beliau, aman pak. Penanganan pengungsi bagus, makanan oke, kesehatan oke, tadi ada perhatian ibu hamil ada perhatian, banyak sekali anak-anak balita yang perlu asupan gizi. Penanggulangan jalan terus," jelasnya.

Ganjar berharap modifikasi cuaca berjalan lancar, sesuai tujuannya, agar banjir cepat kering. Beberapa pompa juga sudah disiapkan agar bisa menguras air.

Dalam kunjungan di Kota Pekalongan, Ganjar Pranowo juga meninjau tempat pengungsian di aula Kecamatan Pekalongan Barat dan juga di Dinas Sosial Kota Pekalongan. Ganjar Pranowo menyempatkan menghibur anak-anak Pengungsian di aula Kecamatan Pekalongan Barat.

Terpisah, Kasi Kebencanaan BPBD Kota Pekalongan, Dimas Arga Yudha, menjelaskan untuk kondisi genangan air di Kota Pekalongan, sebagai besar telah surut. Hanya sejumlah titik di wilayah tertentu, yang masih tergenang.

Berbagai upaya maksimal terus dilakukan Ganjar, bahkan turun langsung mencari akar masalah dan langsung memberi solusi sehingga banjir bisa cepat surut dan teratasi. Apresiasi luar biasa patut diberikan atas respon cepat Ganjar yang peduli rakyatnya.

Posting Komentar

0 Komentar