MIMPI YANG JADI KENYATAAN ! JOKOWI SEBUT KERETA API MAKASSAR-MANADO AKAN TERWUJUD

  


Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunggah video pembangunan moda transportasi baru kereta api di Sulawesi Selatan (Sulsel) rute Makassar-Parepare. Proyek ini nantinya akan menyambung hingga ke Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Dalam unggahannya, Jokowi menyebut kereta api di Sulsel bukan lagi mimpi. Kehadiran moda transportasi baru itu sudah terealisasi dan mulai diuji coba.

"Naik kereta api di Sulawesi? Sekarang bukan lagi hanya mimpi. Relnya sudah terbangun, keretanya pun sudah beroperasi," tulis Jokowi.

"Saat ini, kereta api pertama di Sulawesi di jalur Makassar-Parepare sudah diuji coba melayani penumpang rute Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru sampai Stasiun Mangilu di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan," lanjutnya.

Jokowi mengungkapkan, ke depan pembangunan kereta api ini tidak hanya sampai Sulsel saja. Namun akan menjadi moda transportasi baru di Sulawesi hingga ke Manado. Dalam unggahan video itu, Jokowi menjelaskan kehadiran kereta api di Sulsel adalah upaya pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pembangunan. Ini juga sekaligus mengenalkan masyarakat pada peradaban baru transportasi modern.

"Pembangunan moda transportasi baru kereta api di Sulawesi Selatan ini adalah bagian dari upaya pemerataan pembangunan dan bersama mengejar kemajuan. Selain dampak ekonomi, kehadiran kereta api juga mengenalkan peradaban baru transportasi modern berupa budaya tepat waktu dan budaya antri," kata Jokowi.

Kepala Operasional dan Layanan KA Trans Sulawesi Rizqi Prasetyo mengatakan kereta api ini sudah memiliki grand design. Yakni menghubungkan Kota Makassar sampai ke Kota Manado.

"Sebagaimana arahan Bapak Jokowi terkait dengan pembangunan kereta api, di Sulawesi ini kita sudah menyusun grand design yang akan menghubungkan Kota Makassar sampai dengan Manado. Jadi akan tersambung insyaallah," ucapnya dalam video unggahan Jokowi.

Rizqi menjelaskan kereta api ini tidak hanya akan difungsikan sebagai transportasi penumpang. Namun juga akan menjadi sarana angkutan barang.

"Kita akan menghubungkan titik-titik potensial. Yang Pertama jalur ini yang ke arah Makassar akan menuju ke Pelabuhan Makassar yang baru. Kemudian yang ke arah Barru juga sudah terhubung sekarang ke Pelabuhan Garongkong," ujarnya.

"Kemudian juga ada siding, atau percabangan ke arah pabrik Semen Tonasa," imbuhnya.

Kereta Api Sulsel telah diuji coba dan soft launching rute Stasiun Maros-Garongkong sepanjang 80 kilometer. Uji coba rute ini merupakan bagian dari proyek Kereta Api Sulsel rute Makassar-Parepare yang ditargetkan rampung pada 2026 mendatang.

Pada tahap selanjutnya, proyek pembangunan kereta api ini akan dilanjutkan untuk rute dari Mandai menuju Makassar serta dari Barru menuju Parepare. Untuk rute menuju Makassar, Menhub mengatakan pihaknya menargetkan akan dilaksanakan pada 2024.

Kendati demikian, dia menyebut saat ini pihaknya akan fokus pada rute yang sudah bisa beroperasi. Budi menjelaskan pengerjaan proyek tersebut harus tetap mempertimbangkan anggaran yang tersedia.

Posting Komentar

0 Komentar