SOAL ISU EKS KETUA KPK, GANJAR: APA PUN ITU KORUPSI HARUS DISIKAT!

  


Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo bercerita bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) pernah meminta KPK berhenti mengusut kasus korupsi e-KTP yang menyeret Ketua DPR RI Setya Novanto. Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai korupsi harus diberantas.

"Ya kalau saya nggak tahu itu intervensi seperti apa, tapi korupsi memang harus disikat," kata Ganjar di La Cove, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (1/12/2023).

Ganjar lalu mengatakan ada dua cara mencegah korupsi. Dia membeberkan dua cara itu, yakni perbaikan sistem dan regulasi.

"Ada dua caranya, satu bagaimana kita mencegah, mencegah menggunakan perbaikan sistem, lalu kelembagaan, regulasinya jelas dan terakhir faktornya harus benar," ujarnya.

Tak hanya itu, kata Ganjar, aktor yang menjalankan regulasi itu pun harus benar. Dia menyebutkan pemberantasan korupsi tidak cukup hanya di mulut, tapi harus serius ditangani.

"Kalau aktornya tak benar ya dia akan terlibat biasanya, dan itu perlu diawasi oleh top leader," ungkap dia.

"Maka komitmen dari antikorupsi itu tidak cukup hanya di mulut, kita mesti serius menangani, kawal dari masyarakat juga," imbuhnya.


Posting Komentar

0 Komentar