GANJAR LUNCURKAN “SMK GRATIS LULUS LANGSUNG KERJA”

  


Ganjar Pranowo hadiri peluncuran ‘Program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja’ untuk keluarga miskin di Wonogiri pada Jumat (29/12/2023).

Kedatangan Ganjar disambut meriah oleh para warga dan juga pendukungnya. Ketika datang ke tempat lokasi, Ganjar langsung disambut dengan tarian dari anoman.

Kemudian ia sempat bercerita mengenai kondisi masyarakat yang terhalang oleh kemiskinan. Ia juga mengatakan jika alasannya membuat program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja lantaran ia berkaca pada dirinya sendiri yang juga sempat dihadapkan pada permasalahan yang sama.

Dia mengatakan, bisa saja mengatasi kemiskinan dengan mengadakan pemberian sembako. Namun, hal tersebut tidak menyelesaikan masalah karena masyarakat tidak diberikan akses yang tinggi.

“Bagaimana wajah kemiskinan yang ada mesti kita bereskan,” ujar Ganjar ketika menyampaikan sambutan di Wonogiri.

Ia juga menambahkan, anak-anak dari keluarga miskin yang ingin sekolah, tetapi terkendala biaya tersebut bisa mencapai potensi jauh lebih tinggi jika diberikan akses.

Oleh sebab permasalahan itulah, tercetus ide untuk membuat program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja untuk keluarga miskin.

Selain menceritakan alasan tercetusnya program yang hendak diwujudkan jika terpilih menjadi presiden, dia juga bercerita tentang seseorang di daerah Solo yang pernah merasakan program sekolah gratis yang sempat ia jalankan programnya ketika menjabat menjadi seorang Gubernur.

Berkaca pada programnya dulu ketika menjadi Gubernur hingga anak yang sempat mendapatkan kesempatan pendidikan gratis itu akhirnya lulus, bekerja dan menaikkan derajat keluarganya karena penghasilannya yang besar.

Hal itulah yang menjadi inspirasi Ganjar dalam membuat program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja.

“Saat menjadi Gubernur, saya carikan jalan keluar. Saya keluarkan APBD, kita biayai mereka sampai kemudian lulus,” ujar Ganjar.

Dia berharap jika program tersebut dapat menjadi ikhtiar bersama agar anak-anak di Indonesia bisa lebih maju.

“Mudah-mudahan ini menjadi ikhtiar bersama kita. agar anak-anak indonesia lebih maju. Agar keluarga miskin makin bisa hidup lebih baik, pergi meninggalkan kemungkinan karena ada sekolah smk gratis dan langsung bekerja, karena pemerintah yang menjembatani antara sekolah dengan industri,” ujar Ganjar.

Ganjar mengatakan, program ini akan menjadi prioritas pertama karena bukan tidak mungkin dengan program ini dapat pemerintah dapat mengentaskan kemiskinan.

Program ini dinilai dapat mengurangi keluarga miskin dan juga bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu, ia ingin program yang ia cetuskan ketika menjabat sebagai Gubernur itu dikembangkan secara nasional.

“Maka Ganjar Mahfud berkeinginan untuk dijadikan program yang kita kembangkan secara Nasional,” kata Ganjar.

“Kalau kita mulai tahun pertama di setiap Kabupaten/Kota yang bisa menyerap keluarga miskin, maka Insya Allah ini akan menjadi program yang secara sistematis bisa mengentaskan kemiskinan serta meningkatkan kualitas SDM kita,” ucapnya

 


Posting Komentar

0 Komentar