GANJAR CAPRES PERTAMA KUNJUNGI IKN, PENGAMAT: MENJAWAB HARAPAN RAKYAT DAN INVESTOR!

  


Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengunjungi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 7 Desember 2023. Pengamat menilai kunjungan tersebut penting dalam hal keberlanjutan proyek yang dimulai oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Jadi sebetulnya apakah kedatangan Ganjar merepresentasikan ketegasan atau garis hitam penuh, garis tebal bahwa Ganjar akan melanjutkan program program-program presiden Jokowi," katanya Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago pada Kamis, 7 Desember 2023.

Ia menambahkan, kunjungan tersebut penting karena menunjukkan posisi Ganjar terkait IKN. Menurutnya, tantangan IKN saat ini adalah belum banyaknya pelaku usaha swasta yang berinvestasi karena masih menunggu sosok pengganti Jokowi setelah Pilpres 2024.

"Kita memang juga melihat sektor swasta belum kelihatan ingin serius, masih ragu. Karena pertama bisa juga aspek hukum. Yang kedua adalah aspek kepastian siapa yang akan menjadi presiden. Siapa yang akan menggaransi akan meneruskan proyek itu atau regulasi soal pemindahan Ibu Kota," katanya.

Pangi menambahkan, Ganjar harus bisa menunjukkan sikap jelas. Sikap yang berbeda dengan paslon lain terkait IKN sehingga masyarakat dan calon investor bisa melihat posisinya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa kunjungan ke IKN merupakan komitmennya terhadap pembangunan IKN. Proyek tersebut bakal diteruskan apabila dirinya dan cawapres Mahfud MD memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Untuk menunjukkan sebuah komitmen bahwa saya orang yang konsisten atas pelaksanaan sebuah aturan," kata Ganjar dalam keterangannya.

Menurut dia, rencana pemindahan ibu kota telah disiapkan sejak zaman kepemimpinan Presiden pertama RI Bung Karno. Meski demikian, rencana tersebut tak kunjung terealisasi hingga masa pemerintahan Presiden ke-7 RI Joko Widodo.

Menurut Ganjar, pembangunan IKN akan dilanjutkan dan disiapkan supaya berjalan sesuai rencana. Ia juga mengaku siap untuk berkantor di IKN bila terpilih menjadi presiden nanti.

Ganjar mengharapkan IKN bisa menjadi kota masa depan yang modern. Menurutnya, IKN merupakan upaya besar untuk mewujudkan mimpi bangsa.


Posting Komentar

0 Komentar