VISI DAN MISI GANJAR-MAHFUD DI PILPRES 2024

  


Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD telah mendaftar ke KPU sebagai bakal capres dan cawapres di Pilpres 2024. Ganjar-Mahfud juga telah menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat mendaftar ke KPU, pasangan yang diusung PDIP, PPP, Perindo, dan Hanura itu turut menyerahkan visi dan misi.

Dikutip dari visimisiganjarmahfud.id, Jumat (27/10/2023), Ganjar-Mahfud mengusung visi "Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Ganjar-Mahfud memiliki delapan misi yang disebutnya sebagai delapan gerak cepat Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang dijabarkan lagi menjadi beberapa program.

Berikut visi dan misi lengkap Ganjar-Mahfud MD:

Visi

Dilansir dari laman visimisiganjarmahfud.id, Ganjar-Mahfud mengusung visi “Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”. Melalui visi tersebut, terdapat makna dalam setiap kalimatnya.

Indonesia Unggul

Frasa Indonesia unggul bermakna Indonesia tidak hanya sekadar menjadi negara maju, kuat, dan berdaya saing, tetapi juga adanya peningkatan kemajuan, kekuatan, dan daya saing yang dapat melebihi pencapaian negara lain.

Kemudian, kata unggul menggambarkan sebagai kondisi pencapaian yang lebih nyata serta tidak berasumsi dan menganggap hal lain diam atau tetap.

Gerak Cepat

Frasa gerak cepat adalah penegasan berbagai proses untuk menjadi unggul dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Momentum percepatan mendasarkan pada bonus demografi.

Kemudian, gerak cepat dapat dilakukan secara bersama-sama, bergotong-royong dengan kekuatan rakyat melalui perencanaan yang matang dengan sasaran dan tahapan yang jelas dan terukur.

Negara Maritim

Frasa negara maritim mengacu pada Indonesia sebagai negara maritim. Frasa itu merupakan kesadaran terhadap kekuatan dan posisi Indonesia yang menganggap laut bukan sebagai pemisah, tetapi justru sebagai pemersatu. Laut juga sekaligus menjadi kekuatan ekonomi, konektivitas, diplomasi, serta pertahanan dan keamanan. Dengan demikian, kedaulatan negara dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia dapat tercapai apabila laut dijaga dan dirawat.

Adil dan Lestari

Frasa adil dan lestari adalah muara dari langkah yang ditempuh seluruh elemen bangsa dalam membangun Indonesia. Pada akhirnya rakyat dapat hidup sejahtera, adanya keadilan sosial yang nyata, dan hidup di alam yang lestari.

Misi Ganjar-Mahfud

Terdapat delapan misi yang digagas Ganjar-Mahfud untuk mencapai visi “Menuju Indonesia Unggul Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari”.

1. Mempercepat pembangunan manusia Indonesia unggul yang berkualitas, produktif dan berkepribadian

Dalam misi yang pertama terdapat lima poin yang menjadi fokus utama Ganjar-Mahfud, yaitu kesehatan jiwa dan raga, pendidikan berkualitas dan merata, negara hadir dan perlindungan sosial adaptif, budaya yang maju dan sportif, dan perempuan yang maju serta anak sejahtera.

2. Mempercepat penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi berdikari dengan riset dan inovasi sebagai fondasi dan lompatan menjemput kemajuan.

3. Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan dan nilai tambah. Terdapat tiga poin fokus utama, yaitu ekonomi unggul berdaya saing, kedaulatan pangan, serta Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dan industri halal.

4. Mempercepat pemerataan pembangunan ekonomi melalui pembangunan adil dan merata serta bahagia dan sejahtera.

5. Mempercepat pembangunan sistem digital nasional. Terdapat dua fokus utama dalam misi ini, yaitu infrastruktur digital hebat dan sumber daya manusia (SDM) digital andal dan ekosistem digital berdaya saing.

6. Mempercepat perwujudan lingkungan hidup yang berkelanjutan melalui ekonomi hijau dan biru melalui lingkungan hidup berkelanjutan, ekonomi hijau, dan ekonomi biru.

7. Mempercepat pelaksanaan demokrasi substantif, penghormatan HAM, supremasi hukum yang berkeadilan, dan keamanan yang profesional. Terdapat empat fokus utama dalam misi ini, yakni demokrasi substantif, pemerintahan yang bersih dan tulus melayani rakyat, hukum adil untuk semua, dan polisi profesional terpercaya.

8. Mempercepat peningkatan peran Indonesia dalam mewujudkan tata dunia baru yang lebih berkeadilan melalui politik luar negeri bebas aktif dan memperkuat pertahan negara. Hal itu diwujudkan dengan berperan sentral dalam menata dunia baru dan kedaulatan NKRI dengan sistem pertahanan 5.0.


Posting Komentar

0 Komentar