SUKSES DI JATENG, PROGRAM PENGELOLAAN ZAKAT AKAN DIBAWA GANJAR KE TINGKAT NASIONAL

  


Calon presiden Ganjar Pranowo berkomitmen melanjutkan program-program yang bermanfaat bagi umat apabila terpilih menjadi presiden. Salah satunya adalah program pengelolaan zakat yang sukses dilaksanakannya saat menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Pernyataan tersebut disampaikan Ganjar dalam acara pembukaan workshop DPRD se-Indonesia PPP di Mercure Hotel Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (20/10/2023) malam.

Workshop DPRD se-Indonesia PPP dihadiri oleh Pelaksana Tugas Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono, Ketua Fraksi PPP DPR Amir Uskara, dan ribuan calon anggota legislatif DPRD PPP.

“Saya menerima banyak masukan tentang pengelolaan zakat. Beberapa pengalaman positif yang kami miliki akan kami nasionalisasikan, dan kami mendapat dukungan penuh dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) pusat,” ujar Ganjar.

Ketika menjabat sebagai gubernur Jateng, Ganjar mendapat penghargaan karena berhasil mengelola zakat dengan efisien untuk kemaslahatan umat.

Sejak program ini dicanangkan pada 2014, Baznas Jateng terus meningkatkan efektivitasnya. Pada 2022, Baznas Jateng berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 82 miliar, yang telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pengelolaan zakat di Jateng tidak hanya terbatas pada kebutuhan konsumtif, melainkan juga bersifat produktif, seperti penambahan modal, pelatihan, dan kegiatan lainnya.

Meskipun tidak lagi menjabat sebagai gubernur Jateng, Ganjar tetap menjaga komunikasi dengan Baznas Pusat. Dia berharap bahwa program-program yang telah sukses di Jateng dapat diperluas ke tingkat nasional.

“Kami masih terus berkomunikasi dengan Baznas Pusat sampai hari ini. Kami berharap pengalaman-pengalaman positif yang telah kami lakukan di Jawa Tengah dapat diperluas ke tingkat nasional,” ujar Ganjar.

Lebih lanjut Ganjar menyampaikan, potensi wakaf masih bisa dimaksimalkan sebagai sebuah terobosan. Dia berharap, melalui kerja sama dengan Baznas, potensi ini dapat dikelola secara kreatif untuk memberikan manfaat yang lebih besar kepada masyarakat.

“Salah satu hal yang harus didorong adalah wakaf. Jika wakaf dikelola dengan baik, insyaallah, banyak manfaat yang bisa kami berikan kepada masyarakat,” tutur Ganjar.


Posting Komentar

0 Komentar