PAKAR: MAHFUD “PERTEBAL” KEUNGGULAN GANJAR DI JATIM!

  


Pasangan capres-cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dianggap bisa meraup suara lebih banyak di Jawa Timur pada Pilpres 2024.

Pakar komunikasi politi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai pasangan ini berpotensi mendominasi suara di Jawa Timur.

Pemilihan Mahfud MD sebagai cawapres akan semakin mempertebal dan menguatkan keunggulan Ganjar Pranowo di daerah tapal kuda dan Madura.

"Saya berkata seperti itu karena beliau (Mahfud) dari sana asalnya. Kedua, Mahfud MD itu secara nasional banyak dikagumi. Dia juga sebenernya relatif tidak diragukan integritas dan kapabilitasnya. Secara religius cukup kental. Saya kira masyarakat di Madura dan daerah tapal kuda pasti memberikan respons yang positif," kata Emrus, kepada wartawan Selasa (24/10/2023).

Untuk diketahui tapal kuda adalah sebutan bagi kawasan di bagian timur Provinsi Jawa Timur. Kawasan ini mencakup tujuh kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo dan Probolinggo.

Menurut Emrus, figur Mahfud yang merupakan intelektual di bidang hukum dan juga dikenal cukup religius.  "Selain itu, dia adalah Gusdurian. Dia bisa dikatakan murid loyal Gus Dur yang setia," ujar Emrus.

Emrus menambahkan, rekam jejak Mahfud yang sudah malang melintang di lembaga eksekutif, legislatif hingga yudikatif yag tak perlu diragukan lagi bisa menarik hati pemilih.  Pengalaman Mahfud di politik bisa menjadi andalan Ganjar mendapat lebih banyak suara NU.

"Saya memandang memang tokoh seperti Mahfud yang seharusnya maju dan jangan seseorang yang baru tiga tahun jadi walikota yang belum matang dalam berproses," tandas Emrus.


Posting Komentar

0 Komentar