LANGKAH JITU GANJAR BAWA INDONESIA KELUAR DARI DARI MIDDLE INCOME TRAP

  


Calon Presiden Ganjar Pranowo siap membawa Indonesia ke luar dari middle income trap bilamana terpilih menjadi Presiden. Dirinya sudah menyiapkan jurus jitu untuk merealisasikan hal tersebut.

Menurut Ganjar, hal pertama yang harus dilakukan yakni menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) lewat akses kesehatan dan pendidikan.

“Sebenarnya hari ini yang dilakukan adalah satu kita punya kesempatan dengan bonus demografi yang tinggi, ini masyarakat produktifnya banyak. Maka ada dua hal pertama menyiapkan SDM-nya dari kesehatan dan pendidikan aksesnya harus gampang,” kata Ganjar saat menghadiri acara Indonesia Investment Summit 2023 di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Langkah kedua yakni memanfaatkan potensi ekonomi Indonesia dalam waktu 10 sampai 13 tahun ke depan. Capres berambut putih itu pun mengaku sudah menyiapkan tim untuk dapat melaksanakan hal ini.

“Kedua biar tidak terjebak middle income trap maka optimalisasi potensi ekonomi dengan waktu kurang lebih 10-13 tahun maka kita musti gas pol, musti cepet. Kita tidak bisa urut kacang dan perlahan-lahan, maka seluruh kekuatan kita siapkan, maka tim saya sedang menyiapkan seluruh kerja-kerja teknokratisnya,” tutur Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini pun berbicara mengenai sektor pangan yang harus berdaulat dan punya daya tahan. Kemudian perlunya melakukan transisi energi yang bersamaan dengan kesehatan dan pendidikan.

“Salah satunya adalah pangan, yang mesti berdaulat dan tahan, kedua, kita bicara transisi energi. Ketiga ini gandengan antara kesehatan dan pendidikan yang aksesnya mesti bersama-sama,” ucap Ganjar.


Posting Komentar

0 Komentar