GA PUNYA MALU! BERNAFSU PADA SUARA PENDUKUNG JOKOWI, PENYEMBAH ANIES BIKIN HOAX JOKOWI TAWARKAN GIBRAN KE ANIES!

  


Belakangan ini beredar narasi yang mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui dan menawarkan putranya, Gibran Rakabuming Raka atau yang akrab disapa Gibran menjadi bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Basawedan.

Klaim Jokowi temui dan tawarkan Gibran Rakabuming Raka jadi Cawares Anies Baswedan di Pilpres 2024 beredar melalui video yang diunggah kanal Youtube NEGARA POLITIK.

“Tak punya malu !! Jkw temui & tawarkan putranya jadi cawapres anies,” tulis judul video unggahan video tersebut sebagai narasi unggahannya.

Lantas benarkah klaim Jokowi temui dan tawarkan Gibran Rakabuming Raka jadi Cawares Anies Baswedan?

Video berisi klaim Jokowi temui dan tawarkan Gibran Rakabuming Raka jadi Cawares Anies Baswedan di Pilpres 2024 merupakan unggahan kanal Youtube NEGARA POLITIK. Klaim tersebut juga didukung dengan thumbnail atau gambar pratinjau yang memperlihatkan momen kebersamaan Jokowi, Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming Raka.

Meski demikian, usai dilakukan penelusuran atas thumbnail video tersebut, foto yang ada dalam thumbnail video tersebut ternyata merupakan hasil manipulasi. Faktanya foto tersebut bukan merupakan momen pertemuan Jokowi dengan Anies Baswedan untuk menawarkan Gibran sebagai cawapres calon yang diusung Koalisi Perubahan itu.

Foto tersebut ternyata identik dengan foto dalam salah satu artikel VOA Indonesia yang diambil saat pertemuan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Momen tersebut terjadi saat keduanya masih menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pertemuan itu dilakukan di Istana Merdeka Jakarta, Rabu 25 Oktober 2017.

Untuk narasi yang dibacakan dalam video tersebut juga tidak berkaitan dengan klaim yang beredar. Usai ditelusuri, tidak ditemukan sumber artikel kredibel yang identik dengan narasi tersebut.

Klaim Presiden Jokowi menawarkan Gibran sebagai cawapres Anies Baswedan sudah pernah beredar melalui tulisan Mamagini.suara.com, namun klaim tersebut adalah informasi bohong.  Faktanya, Presiden Jokowi tidak pernah melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan untuk menawarkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres di Pilpres 2024 nanti.

Berdasarkan Penjelasan Cek Fakta di atas, klaim Jokowi temui dan tawarkan Gibran Rakabuming Raka jadi Cawares Anies Baswedan di Pilpres 2024 adalah informasi salah. Faktanya, Presiden Joko Widodo tidak pernah melakukan pertemuan dengan Anies Baswedan untuk menawarkan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres.

Karenanya, dapat disimpulkan video yang diunggah kanal Youtube NEGARA POLITIK masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.


Posting Komentar

0 Komentar