Menyedihkan ! Elektabilitas Anies Baswedan Makin Anjlok Dikalangan Pemilih Kritis

  


Anies Baswedan berada di posisi paling bawah dibandingkan dengan lawan politiknya yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

Hal ini berdasarkan Hasil Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang kembali melakukan survei terkait Pemilu 2024.

SMRC melakukan survei elektabilitas kandidat capres pada pemilih kritis, dan hasilnya Anies berada di urutan nomor buncit dengan angka terpaut jauh dari capres lainnya.

“Di kalangan pemilih kritis, dukungan pada Ganjar Pranowo 37,9 persen, Prabowo Subianto 33,5 persen, dan Anies Baswedan 19,2 persen. Masih ada 9,4 persen yang belum menentukan pilihan,”

Deni Irvani menjelaskan bahwa suara Prabowo dan Ganjar seimbang, selisihnya tidak signifikan secara statistik karena kurang dari dua kali margin of error 3,3 persen (selisih di bawah 6.6 persen). Sementara suara Anies berbeda signifikan dengan kedua bakal calon presiden lainnya.

Deni menunjukkan bahwa dalam 6 bulan terakhir, kesukaan pemilih kepada Anies cenderung makin lemah.

“Ini menjadi salah satu penjelas mengapa elektabilitas Anies cenderung melemah dalam periode ini. Sementara Ganjar dan Prabowo terus bersaing ketat dengan dukungan yang relatif seimbang,”

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar