Siapa Bilang Ganjar Tak Peduli Lingkungan? Peringati Hari Bumi, Ganjar Wajibkan Lahan Bekas Tambang Direklamasi

   


Gubernur Jawa Tengah dua periode Ganjar Pranowo yang saat ini sudah ditetapkan sebagai capres dari PDIP menghadiri Peringatan Hari Bumi Tahun 2023 di PT. Anugerah Bumi Cilacap, Desa Bulupayung, Kecamatan Kesugihan, Cilacap.

Acara yang dihadiri gubernur berambut putih itu tampak berlangsung sangat meriah. Didampingi Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar, Ganjar Pranowo melakukan penanaman bibit tanaman untuk reklamasi pada area bekas pertambangan.

Setelah penanaman, Ganjar pun menjadi pembicara dalam Workshop Peningkatan Nilai Tambah Pertambangan perihal Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan.

Ganjar mengatakan penambangan harus didorong agar menggunakan tata cara penambangan yang baik. Contohnya dengan reklamasi lahan setelah kegiatan penambangan.

"Umpama setelah ditambang, setelah itu direklamasi. Hati-hati banyak sumber mata air mungkin menjadi perhatian. Kalau ini semua sudah bisa dilakukan, maka sebenarnya hasil akhirnya akan baik,” katanya.

Selain itu, Ganjar juga mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan penambangan ilegal. Sebab hal itu melanggar tata ruang hingga potensi kecelakaan tinggi akibat adanya Over Dimensi Over Load (ODOL).

Dengan adanya beberapa potensi yang jelas merugikan berbagai pihak tersebut, Ganjar  menegaskan bahwa pertambangan illegal sangat dilarang keras.

Sehingga jika ada pihak yang nantinya tidak dapat mematuhi larangan tersebut maka akan ditindak secara hukum.

 


Posting Komentar

0 Komentar