Sekali Dipercaya Rakyat Tetap Dipercaya Rakyat! SMRC: Elektabilitas Ganjar Kembali Memuncaki Klasemen

  


Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya. Dari hasilnya, lembaga ini menyebutkan elektabilitas Ganjar Pranowo unggul dari Prabowo Subianto dan Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pilihan masyarakat.

Survei ini dilakukan secara tatap muka mulai dari 30 April sampai dengan 7 Mei 2023 oleh SMRC.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, Pada kategori top of mind, atau jika responden ditanya siapa yang anda pilih jika pilpres dilakukan sekarang, nama Ganjar Pranowo menduduki elektabilitas tertinggi yakni 24,6 persen.

Sesudahnya terdapat nama Prabowo Subianto yang memperoleh 17,2 persen suara responden dan Anies Baswedan memperoleh 10,7 persen suara.

Selain ketiga nama di atas, ada pula Joko Widodo yang mendapat dukungan dari 4 persen responden. Lalu Ridwan Kamil meraih 2,7 persen dukungan responden. Selain itu, ada Sandiaga Uno yang mendapatkan 1,1 persen dukungan responden.

Jarak perolehan suara antara Ganjar dengan Prabowo sekitar 7 persen. Demikian pula dengan selisih dukungan suara untuk Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan.

"Jadi dari simulasi terbuka top of mind ini jelas kita mendapat data yang meyakinkan bahwa Ganjar lebih unggul daripada Prabowo," kata Deni.

Survei terbaru SMRC ini melibatkan sebanyak 1.020 responden yang diwawancarai secara tatap muka. Sampel responden dipilih secara acak menggunakan metode stratified multi stage random sampling.

Dari keseluruhan sampel yang ada, diperkirakan margin of error sekitar 84 persen dengan plis minus 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 


 

Posting Komentar

0 Komentar