Apresiasi Serikat Petani Indonesia Gunakan Pupuk Organik, Jokowi: Semoga Juga Berkembang Di Daerah Lain!

  


Jokowi mengapresiasi petani di Kabupaten Tuban, Jawa Timur yang menggunakan pupuk organik.

"Hari ini kita mulai menanam seperti di daerah-daerah yang lain setelah panen tidak diberi jeda karena masih ada air banyak, segera ditanam dan yang saya senang di sini memakai pupuk organik yang dilakukan oleh Serikat Petani Indonesia," katanya.

Jokowi menjelaskan Serikat Petani Indonesia sudah menggunakan pupuk organik selama tiga tahun di lahan seluas seribu hektare. Jokowi menjelaskan penggunaan pupuk organik bisa menekan biaya yang dikeluarkan petani.

Penggunaan pupuk organik ini juga lebih murah. Di mana dalam satu hektarenya, hanya menghabiskan Rp 500 ribu sampai Rp 600 ribu. Padahal, biaya pupuk biasa dalam satu hektarenya bisa 10 kali lipat yakni Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Selain menekan biaya, penggunaan pupuk organik juga akan membuat para petani tak lagi ketergantungan pada pupuk kimia. Terlebih, saat ini ketersediaan pupuk masih terbatas dan dialami semua negara.

Di samping itu, dia menuturkan penggunaan pupuk organik akan memperbaiki kondisi lingkungan dan ekosistem. Jokowi pun ingin petani di daerah-daerah juga memanfaatkan pupuk organik untuk mengelola lahan pertanian.

Posting Komentar

0 Komentar