Wujudkan Mimpi Rakyat Sulawesi Miliki Kereta Api, Jokowi: Kurangi Pakai Mobil Pribadi!

  


Presiden Jokowi menjajal Kereta Api Lintas Makassar-Parepare dari Depo Kereta Api Maros menuju Stasiun Rammang-Rammang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023).

Dia pun berharap kehadiran kereta api ini dapat membuat masyarakat tak lagi menggunakan kendaraan pribadi.

"Ini adalah kereta api pertama di Sulawesi sehingga kita harapkan orang tidak lagi berbondong-bondong semua memakai mobil pribadi," kata Jokowi.

Dia mengatakan proyek pembangunan jalur kereta api di Sulawesi merupakan pekerjaan yang panjang. Nantinya, jalur kereta api akan menghubungkan dari Makassar hingga Manado, Sulawesi Utara.

"Ini memang bagian kereta api ini adalah bagian dari pekerjaan besar kita untuk Trans Lintas Sulawesi dari selatan di Makassar sampai di utara, Manado Sulawesi Utara. Ini pekerjaan masih panjang sekali ini," jelasnya.

Jokowi menilai kereta api tersebut sangat nyaman dan bersih. Sehingga, diharapkan dapat mengurangi kemacetan akibat penakaian kendaraan pribadi.

"Tapi karena kereta apinya bagus, nyaman, dingin, bersih orang akan berpindah sehingga jalanan tidak macet. Ini saya mencoba dari Maros ke Rammang-Rammang, keretanya bagus dan nyaman," ungkap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Indonesia terlambat dalam membangun transportasi publik. Akibatnya, kata dia, saat ini semua kota mengalami kemacetan karena masyarakat berbondong-bondong menggunakan kendaraan pribadi.


Posting Komentar

0 Komentar