Quotes Of The Day Jokowi: “Semua Perlu Proses!”

  


Jokowi menekankan mengenai pentingnya proses dalam setiap pekerjaan. Jokowi bercerita tentang dirinya yang meniti karier dari bawah hingga menjadi presiden.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi dalam acara peresmian Papua Youth Creative Hub seperti disiarkan di akun YouTube Setpres, Selasa (21/3/2023). Jokowi awalnya memanggil anak muda Papua yang ingin beternak ayam.

Salah seorang warga, Stella, menyampaikan ke Jokowi tentang keinginannya untuk beternak ayam. Jokowi lalu bertanya tentang jumlah ayam yang bakal diternakkan.

"Bayangannya ternak ayam itu seperti apa?" tanya Jokowi.

"Bayangan saya ada 10 ribu ekor," jawab Stella yang kemudian disambut riuh hadirin.

"Kalau mau ternak ayam itu dikit-dikit," balas Jokowi.

"Ya kan Pak impiannya kan," kata Stella.

Jokowi meminta Stella beternak ayam secara bertahap mulai 50 ekor. Jokowi mengingatkan Stella soal potensi kerugian jika langsung beternak ayam dengan jumlah yang banyak.

"Punya dulu 50 ekor, nanti meningkat jadi 300 ekor, meningkat lagi jadi 5.000, meningkat lagi 100 ribu, jangan langsung melompat nanti mati kayak ikannya, repot nanti. Rugi gede banget itu, hati-hati. Pelan-pelan," ujar Jokowi.

Barulah Jokowi menekankan mengenai pentingnya proses dalam setiap pekerjaan. Jokowi menuturkan dia memulai karier di pemerintahan dengan menjadi Wali Kota Solo.

"Apa-apa itu perlu proses, perlu proses pelan-pelan, nggak mungkin langsung melompat. Saya pun jadi presiden tidak langsung lompat jadi presiden gitu. Jadi wali kota 2 kali, gubernur sekali, baru naik ke presiden," ujar Jokowi.

Kembali ke soal ternak ayam Stella, Jokowi pun meminta Kepala BIN Budi Gunawan mengurusnya.

"Ya sama nanti diurus Pak Kabin aja lah biar di-training Pak Kabin, di-training dan langsung juga diberi ayamnya sekalian," ujar Jokowi.

Street Carnival di Jayapura

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menerima curhat dari anak muda Papua yang harus menyewa baju jika ada event nasional di Jakarta. Jokowi lalu menjawabnya dengan menceritakan ruang fashion di Papua Youth Creative Hub.

"Tadi kan bagus sekali di ruang fashion. Saya liat desainnya luar biasa sangat ada kekuatan diferensiasi di situ. Ini bagus sekali dengan corak-corak etnik Papua, kemudian dicampur dengan warna-warna yang sangat bagus sekali. Sangat bagus sekali," ujar Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan Menparekraf Sandiaga Uno untuk mengadakan acara street carnival di Jayapaura. Jokowi mengatakan masyarakat Indonesia harus tahu bahwa ada kekuatan di sektor desain di tanah Papua.

"Saya perintahkan ke Pak Menteri Parekraf di bulan Juli, kita buat street carnival di Jayapura. Barang ini sangat bagus dan harus disampaikan, masyarakat harus tahu, masyarakat Indonesia harus tahu, dan masyarakat luar harus tahu bahwa di sini ada sebuah kekuatan besar di bidang desain. Tapi perlu diangkat. Perlu diangkat," ujar Jokowi.

Posting Komentar

0 Komentar