GANJAR SEPERTI IPHONE YANG SANGAT MENJAMUR DAN MENJADI FAVORIT KALANGAN MILENIAL

  


Berbicara tentang iphone yang memiliki segudang prestasi mengingatkanku dengan gubernur yang juga sangat populer. Dia adalah Ganjar Pranowo, bukan hanya di Jawa Tengah namanya sudah hampir memenuhi ruang di negara ini.

Hal itu terlihat dari bagaimana interaksinya saat melancong ke berbagai provinsi untuk menghadiri acara-acara besar yang sedang terselenggara. Setiap moment ada cerita baru, dan ada saja yang mengundang perhatian.

Kepopulerannya di tengah masyarakat tidak lepas dari tindak-tanduknya sebagai gubernur. Jateng penuh dengan perubahan, inovasi, dan pembaharuan di setiap tahunnya. Bisa dibilang progresif lah ya, seperti perangkat lunak dalam Iphone tadi yang selalu up to date setiap tahunnya.

Sebut saja satu program yang manfaatnya double-double. Yang terbaru ada aplikasi Lapor gub, yang sudah semakin canggih. Aplikasi aduan warga Jateng itu bukan sekedar menampung aduan, tapi juga sudah dilengkapi oleh analisis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

AI ini berguna untuk mendata sekaligus menganalisis permasalahan yang dikeluhkan warga. Aplikasi lapor gub ini sudah ada dari awal kepemimpinannya di Jawa Tengah, tepatnya pada tahun 2013.

Disaat beberapa pemimpin daerah menganggap aduan online itu ribet dan menyusahkan mereka, Ganjar justru sebaliknya. Rakyat harus pelan-pelan dikenalkan dengan pesan digital. Karena zaman sudah modern, teknologi canggih harus dimaksimalkan oleh warga.

Alasan lain tentu ada pada tanggap cepat seorang pemimpin dalam melayani rakyat. Jika daerah yang terdiri dari organisasi kecil seperti desa, hingga kabupaten/walikota tidak merespon dengan cepat, maka siapa lagi yang dapat diandalkan? Ya gubernur langsung, apa kesulitan mereka dan keluhan mereka di daerahnya akan ditindaklanjuti Ganjar.

Tidak harus turun tangan, ia akan membuka komunikasi dengan bupati/walikotanya. Tapi jika tingkat urgensinya tinggi dan bupati/walikota berat mengatasi masalah itu, Ganjar dan jajarannya lah yang akan sigap turun tangan membereskan problematika yang meresahkan warganya.

Itu baru dari program lapor gub, coba geser sedikit dengan masalah yang juga sedang digarap pemerintah pusat, yaitu kondisi stunting yang menyerang anak-anak. Untuk menekan angka stunting yang tinggi, Ganjar membuat Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5Ng).

Program itu tak kalah dengan lapor gub tadi, karena realisasinya membuktikan bahwa Jateng bisa menurunkan angka sebesar 51% dalam kurun waktu 4 tahun. Keberhasilan lain juga terwujud dengan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Tak heran dari 5Ng yang diinisiasi Ganjar ini, Jateng menjadi rujukan nasional. Keseriusan gubernur dua periode itu dalam menekan angka stunting mendapat apresiasi dari beberapa pihak.

Rangkaian kegiatan 5Ng bukan hanya menangani stunting pada anak-anak dan mendampingi ibu hamil saja. Nyatanya dengan program unik itu, Ganjar juga bisa menurunkan angka kemiskinan sekaligus memperbaiki kualitas SDM.

Kepedulian gubernur dua periode itu dengan generasi bangsa ini memang luar biasa, dalam kinerja prinsipnya sebagai pemimpin yang berbunyi “Tuanku Ya Rakyat, Gubernur Cuma Mandat” bukan hanya tertulis dalam bio media sosialnya, tapi sudah teraplikasikan dalam kehidupan warganya.

Itu baru satu-dua program, coba kita telisik program lain pasti membuat kita geleng-geleng sambil bilang “kok bisa ya?”. Memang Ganjar Pranowo ini sudah dipasang sama Gusti Allah menjadi pemimpin yang amanah, tidak blenjani janji.

Kalau memang sudah menuankan rakyat, ya ia melakukan itu. Seperti taglinenya dalam kampanye “mboten ngapusi, mboten korupsi”, wes kayak Iphone tadi kawan, harga mahal tapi kualitasnya oke banget, enggak bakal menipu lah ya. Dengan begitu, apa kalian masih mau pilih yang blenjani janji di saat yang teteg ati sama kalian aja sudah ada di depan mata? Hahaha.

Posting Komentar

0 Komentar