INI DIA 6 JULUKAN YANG DISEMATKAN RAKYAT UNTUK JOKOWI !

  


Hampir sembilan tahun Joko Widodo (Jokowi) mengemban tugas sebagai Presiden RI sejak 20 Oktober 2014. Berbagai julukan pun diberikan maupun diusulkan oleh berbagai pihak kepada Jokowi. Pemberian julukan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mengingat usaha dan pencapaian Presiden Jokowi semasa kepemimpinannya.

1. Bapak Infrastruktur

Julukan sebagai Bapak Infrastruktur yang diusulkan untuk Presiden Jokowi datang dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj. Menurutnya, terdapat progres kemajuan dalam pembangunan infrastruktur di era pemerintahan Jokowi. Selain itu, Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali juga mengatakan pembangunan infrastruktur yang bisa membuat konektivitas antardaerah adalah salah satu prestasi terbesar dari Jokowi. Hal itulah yang membuat Jokowi cocok dijuluki sebagai Bapak Infrastruktur.

2. Bapak Ibu Kota Negara Nusantara

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memberi julukan kepada Presiden Jokowi sebagai Bapak Ibu Kota Nusantara. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, hanya Jokowi yang berani memindahkan ibu kota negara pada 2022 yang disahkan pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Nusantara (IKN). Jazilul melihat presiden-presiden sebelumnya tidak pernah melakukan hal tersebut. Ia juga menyebutkan bahwa pemberian julukan mengacu kepada teknis, standar, dan syarat yang sudah disesuaikan.

3. Bapak Rekonsiliasi

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah memberi usul julukan kepada Presiden Jokowi sebagai Bapak Rekonsiliasi. Fahri mengaku khawatir kondisi Indonesia yang menurutnya agak terpecah di arus bawah. Ia juga beralasan capaian fisik yang diraih Jokowi bisa hilang jika Indonesia tidak berhasil berekonsiliasi. Oleh sebab itu, Fahri menyarankan agar Jokowi kejar julukan Bapak Rekonsiliasi. Ia juga mengatakan jika Jokowi berhasil mendamaikan masyarakat Indonesia yang sangat sensitif terhadap berbagai hal, maka keberhasilan Jokowi lainnya akan menyusul.

4. Bapak Wayang Indonesia

Julukan Bapak Wayang Indonesia diusulkan oleh pengurus sejumlah organisasi pewayangan Indonesia. Para seniman merasa Presiden Jokowi sangat peduli untuk melestarikan wayang. Salah satu alasannya, Presiden Jokowi membuka Hari Wayang Nasional melalui Keputusan Presiden (Keppres). Permintaan usulan itu ketika para seniman wayang itu bertemu dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko pada Juli 2022 lalu. Usulan tersebut disambut baik oleh Moeldoko.

5. Bapak Otomotif Nasional

Keluarga besar Ikatan Motor Indonesia (IMI) menyematkan julukan Bapak Otomotif Nasional kepada Presiden Jokowi. Hal ini karena Presiden Jokowi berhasil mendunia lewat kancah otomotif nasional dengan ide pembangunan Sirkuit Internasional Mandalika di Lombok, NTB. Penyematan julukan tersebut diumumkan langsung oleh Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI sekaligus CEO Ikatan Motor Indonesia (IMI).

6. Bapak Pembangunan Desa

Presiden Jokowi diberi julukan Bapak Pembangunan Desa oleh Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI). Mereka menganggap Presiden Jokowi telah menjalankan amanah dalam membangun desa. Selama kepemimpinan Jokowi, APDESI menilai pembangunan desa berjalan penuh pemerataan. Merespons pernyataan tersebut, Jokowi mengatakan gelar Bapak Pembangunan Desa lebih pantas diberikan kepada seluruh anggota APDESI.

Posting Komentar

0 Komentar