INI BUKTI RAKYAT PERCAYA PADA JOKOWI, SPIN: 71,5% PUBLIK OPTIMIS 2023 PEMERINTAH JAUH LEBIH BAIK !

  


Survey & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei terkait kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Hasilnya 65,7% responden menyatakan puas dengan kinerja Pemerintah saat ini.

"Secara umum seberapa puas terhadap kinerja pemerintah Jokowi-Ma'ruf tahun ini? Puas 62,7%, sangat puas 3%. Jadi sangat memuaskan, positif naik 3,6% dari survei sebelumnya. Jadi publik nilai kinerja positif," kata Direktur Eksekutif SPIN, Igor Dirgantara, saat merilis hasil survei, Minggu (19/2).

Lebih lanjut, mayoritas publik juga optimis tahun ini kinerja Jokowi-Ma'ruf akan lebih baik.

"Apa tahun ini akan jauh lebih baik bila dibandingkan 2022? Secara umum publik optimis pemerintah akan lebih baik, 71,5% optimis," ujarnya.

"Jika logika apa nanti pasca Jokowi sebaiknya lanjutkan program atau change? Ternyata sebenarnya mereka puas dan merasa layak program Jokowi dilanjutkan," tambah dia.

Di jajaran kabinet, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri yang kinerja dinilai paling memuaskan, yakni 13,3%. Diikuti Mensos Tri Rismaharini dengan 12,6%, Mendikbud Nadiem Makarim 9%, dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan 7,1%.

Kemudian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan 5,7%, Menteri BUMN Erick Thohir dengan 4,7%), serta Menkes Budi Gunadi Sadikin dengan 4,7%.

Survei SPIN ini dilakukan pada 3-13 Februari 2023 dengan total 1.230 responden. Kriteria responden penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Sampel tersebar di 34 provinsi, dengan teknik sampel menggunakan multi-stage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error sebesar ± 2,8 persen.

Posting Komentar

0 Komentar