JOKOWI TUNTASKAN MISI SEBAGAI "PEMBAWA PESAN" ZELENSKY UNTUK PUTIN

 


JAKARTA-
Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow. Jokowi menyebut telah menyampaikan pesan dari Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Putin.

"Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin dan saya sampaikan kesiapan saya untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut," kata Jokowi saat menyampaikan keterangan pers bersama usai bertemu Putin dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Jokowi menyadari bahwa situasi perang Rusia dan Ukraina saat ini masih sulit. Namun, dia menyebut penyelesaian secara damai penting dikedepankan.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," tutur dia.

Diskusi Masalah Pangan dan Pupuk

Pada pertemuan itu, Jokowi dan Putin juga membahas mengenai pangan dan pupuk dunia. Dia menyebut pasokan pangan dan pupuk di negara berkembang terganggu akibat perang Rusia-Ukraina.

"Saya tadi banyak berdiskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, merupakan kepentingan masyarakat dunia dan ratusan juga orang terdampak dengan terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk terutama di negara-negara berkembang," katanya.

Putin, kata Jokowi, telah memberikan jaminan mengenai keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina. Jokowi pun menghargai hal itu.

"Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina, ini sebuah berita yang baik," kata Jokowi.

"Demi kemanusiaan saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Dan khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina terutama melalui jalur laut tadi sekali lagi Presiden Putin juga memberikan jaminannya," tuturnya.

Sebelumnya, Jokowi terlebih dahulu mengunjungi Zelensky dan membawa pesan Zelensky ke Putin. Apa gerangan isi pesannya?

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelensky untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," kata Jokowi sebagaimana disampaikan keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Jokowi menyebut kunjungannya tersebut untuk misi perdamaian. Kunjungan tersebut sekaligus sebagai bentuk kepedulian Indonesia terkait situasi yang dihadapi Ukraina. Zelenksy menyambut baik Jokowi yang menjadi pemimpin negara Asia pertama yang datang ke Kyiv sejak awal perang. Dia berterima kasih kepada Jokowi.

 

Jokowi bertemu Zelensky di Kyiv, Ukraina. Seperti diketahui, Presiden Jokowi sedang melakukan kunjungan kerja ke tiga negara, yakni Jerman, Ukraina, dan Rusia.  Aksi 'Jokowi Sang Pembawa Pesan' ini menjadi sorotan dunia. Kantor berita dari Inggris, Reuters, hingga media Singapura, yakni Straits Times dan Channel News Asia, memberitakan langkah Jokowi.

Namun hingga kini, belum terang betul sebenarnya apa isi pesan Zelensky yang dititipkan Jokowi dan akhirnya sampai ke Putin. Sejauh ini, hanya ada poin umum bahwa isu perdamaian menjadi prioritas Indonesia.

"Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang-ruang dialog terus bisa dibuka," tutur Jokowi.

Selanjutnya, Putin lebih banyak mengungkap soal wacana kerja sama Rusia-Indonesia meliputi ketertarikannya membantu pengembangan nuklir di Indonesia, penerbangan dari Moskow ke Bali, hingga tawaran bantuan pembangunann transportasi kereta di IKN Nusantara. Isu Rusia hanya disinggung sekelumit oleh Putin.

"Selama pembicaraan kami juga membahas beberapa masalah regional dan internasional yang mendesak lainnya. Saya memberi tahu Presiden secara rinci tentang perkembangan di Ukraina," kata Putin. Tak ada keterangan lebih lanjut dari Putin soal isu Ukraina dalam keterangan bersama Jokowi itu.

Posting Komentar

0 Komentar